alexametrics

Yenny Wahid Sebut Garuda Indonesia Punya Utang Besar

loading...
Yenny Wahid Sebut Garuda Indonesia Punya Utang Besar
Yenny Wahid mengungkapkan alasannya menerima jabatan Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero), serta memahami tantangan besar yang disebutnya memiliki utang besar. Foto/Rakhmatulloh
A+ A-
JAKARTA - Yenny Wahid mengungkapkan alasannya menerima jabatan Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero), lantaran didasari dengan kecintaan terhadap maskapai pelat merah itu yang menurutnya telah menjadi ikon bersama rakyat Indonesia. Lebih lanjut, wanita bersama lengkap Zanuba Ariffah Chafsoh itu memahami tantangan besar yang harus dihadapi Garuda, yang disebutnya mempunyai utang sangat besar.

"Garuda itu masalahnya sangat kompleks. Utangnya banyak, banyak sekali, (hutang) beban masa lalunya banyak. Jadi tentu saya mengerti tantangan yang sangat besar," ujar Yenny Wahid di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

(Baca Juga: Ditunjuk Jadi Dirut Baru Garuda, Ini Jejak Karir Irfan Setiaputra)



Sementara itu Ia enggan berspekulasi, terkait butuh berapa lama para pengurus atau jajaran direksi Garuda yang baru bisa memperbaiki kinerja perusahaan maskapai penerbangan itu. Seperti diketahui belakangan Garuda Indonesia menjadi sorotan, usai terjerat kasus dugaan penyelundupan komponen Harley-Davidson dan sepeda Brompton.

Barang selundupan itu diduga diterbangkan melalui pesawat pesanan jenis Airbus A330-900 yang diterbangkan dari Toulouse, Prancis pada Desember 2019 lalu. Tak hanya pelanggaran good corporate governance (GCG), Garuda Indonesia juga memiliki banyak permasalahan lainnya yakni kisruh manajemen dan pekerja hingga kinerja keuangan.

(Baca Juga: Yenny Wahid di Jajaran Komisaris Garuda, Menteri Erick: Wakil Publik)

Untuk itu, Yenny mengatakan, kesediaannya menjadi salah satu komisaris karena terpanggil untuk memberikan kontribusi. Ia berharap, ide dan gagasan-gagasannya bisa diterima oleh Garuda.

"Makanya yang tadi saya katakan Garuda adalah ikon kebanggaan kita semua sebagai bangsa. Pemerintahan siapapun, Garuda selalu ada maka di sini semangat non-partisan harus di kedepankan. Saya berharap kita semua punya perasaan memiliki terhadap Garuda. Saya rasa kita semua juga pasti ingin melihat Garuda lebih baik lagi kerjanya," tegas Yenny.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak