alexametrics

Bangun Terminal 4 Bandara Soetta, AP II Siapkan Rp14 Triliun

loading...
Bangun Terminal 4 Bandara Soetta, AP II Siapkan Rp14 Triliun
Suasana di terminal 3 bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Foto/Dok SINDOphoto
A+ A-
TANGERANG - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II merencanakan pembangunan terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) dengan anggaran mencapai Rp12-14 triliun. Presiden Direktur Angkasa Pura II Mohammad Awaluddin mengatakan, pembangunan terminal 4 berada di lahan 102 hektare (ha).

Dia menjelaskan bahwa saat ini proses rencana pembangunan Terminal 4 masih dalam tahap konsep desain. “Jadi nanti kita akan lihat konsep desainnya seperti apa. Ada kemungkinan repotitioning,” ungkapnya dalam jumpa pers di Terminal 3 Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/1/2020).

Repotitioning yang dimaksud, lanjut dia, jika terminal 4 selesai dikonsep maka ada kemungkinan perubahan penerbangan yang sifatnya internasional dan domestik. “Nanti kita lihat dulu desainnya, lalu kebutuhan terminal ini tepatnya apakah buat domestik, internasional atau Low Cost Carrier (LCC),” ucapnya.



Menurut dia, Terminal 4 yang akan dibangun tersebut akan menunjang dari sisi penambahan jumlah penumpang dengan kapasitas backlog penumpang mencapai 40-45 juta penumpang setahun.

“Sehingga pada saatnya nanti ketika terminal 4 selesai Bandara Soekarno-Hatta bisa menampung 105-110 juta penumpang untuk empat gedung terminal,” ungkapnya.

Dia menambahkan, tahap awal pembangunan diperkirakan akan dilakukan pada awal 2023. Sedangkan desain infrastruktur gedung didorong selesai pada akhir tahun ini.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah meresmikan empat fasilitas bandara Internasional Soekarno-Hatta sekaligus pada Kamis (23/1/2020). Peresmian tersebut meliputi Terminal 3, Gedung VIP, Runway 3 dan East-Connection Taxiway. Dengan beroperasinya keempat fasilitas ini Presiden berharap kapasitas bandara terbesar di Indonesia ini dapat meningkat.

Disampaikan Presiden kepadatan jumlah penumpang pesawat udara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini sudah mulai terlihat. Untuk itu guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang ke depannya, Presiden memerintahkan agar segera membangun Terminal 4.

Presiden meminta Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat selesai dibangun pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023.

"Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat terlayani oleh Bandara Soekarno-Hatta ini dan tadi pak Dirut Angkasa Pura 2 sudah menyampaikan desain akan segera diselesaikan secepatnya sehingga bisa segera dimulai dan diharapkan 2022 akhir atau paling lambat awal 2023 kita sudah punya terminal yang baru," pungkas Presiden Joko Widodo.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak