alexametrics

Cegah Virus Corona China, Menhub: Penutupan Hanya Rute Wuhan

loading...
Cegah Virus Corona China, Menhub: Penutupan Hanya Rute Wuhan
Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, penutupan penerbangan hanya kota Wuhan saja. Namun, penerbangan dari kota lain kawasan China ke Indonesia harus dilakukan pemeriksaan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan koordinasi dengan otoritas Wuhan China, terkait antisipasi penyebaran virus Corona dengan saling menyepakati untuk menutup penerbangan dari Indonesia ke Wuhan maupun sebaliknya. Selanjutnya, pihak Kemenhub akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk meminta petugas di bandara dan pelabuhan melakukan kegiatan pemeriksaan yang lebih intensif disertai dengan sikap profesional dan kesopanan.

“Itu kita lakukan sejak Jumat. Kita minta petugas di front liner mengenakan masker. Kita instruksikan kegiatan ini harus dilaporkan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantornya, Senin (27/1/2020)

Lebih lanjut Budi menjelaskan, penutupan penerbangan hanya dilakukan di kota Wuhan saja. Namun, penerbangan dari kota lain kawasan Tiongkok ke Indonesia harus dilakukan pemeriksaan secara insentif dengan prosedur yang sesuai dengan kondisi saat ini.



“Ya saya pikir dengan keadaan wuhan yang menutup hanya Wuhan saja, ke kota-kota lain kita tetap melakukan penerbangan, hanya saja kalau ada penumpang yang sana ke sini ada suatu pemeriksaan tertentu ada prosedur tertentu. Tapi kita sarankan karena ini juga di negara lain juga welcome ya kita juga harus welcome dan harus santun untuk melakukannya,” paparnya.

Menhub Budi menambahkan, terkait tenaga kerja China yang datang ke Indonesia dilakukan pemeriksaan kesehatan secara insentif. “Ya nanti kalau dia ada indikasi badannya panas, baru kita lakukan suatu pemeriksaan lebih lanjut. itu domainnya Kemenkes ya,” jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak