alexametrics

BI Menakar Dampak Wabah Virus Corona Terhadap Ekonomi Global

loading...
BI Menakar Dampak Wabah Virus Corona Terhadap Ekonomi Global
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doddy Budi Waluyo menilai, penyebaran wabah virus Corona dari China bisa berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi global apabila terus berlanjut. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doddy Budi Waluyo menilai, penyebaran wabah virus Corona dari China bisa berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi global apabila terus berlanjut. Penyebaran virus Corona telah membuat investor hingga pelaku pasar pasar cemas, lantaran dikhawatirkan berdampak terhadap perdagangan global hingga sektor pariwisata.

"Namun demikian, jika pandemi (virus Corona) berlanjut dapat menyebabkan pertumbuhan global tidak setinggi perkiraan," ujar Doddy saat dihubungi di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Menurut dia, respons pasar keuangan tidak hanya tergantung pada isu pandemi virus corona saja. Akan tetapi juga faktor-faktor lain seperti geopolitik, kelanjutan trade deal Amerika Serikat dan China.



Bahkan yang lebih penting lagi adalah kondisi fundamental dan prospek suatu negara. Jika dilihat secara tren, inflow masih akan berlanjut meski terdapat episode-episode risk off. "Kita harapkan pandemi dapat terkendali sehingga mengurangi risiko risk off," katanya.

Berdasarkan info yang diterima, sambung dia, antisipasi yang dilakukan pemerintah untuk melakukan mitigasi penyebaran virus dengan menghentikan penerbangan dari sejumlah kota di China dan pemeriksaan yang lebih ketat di pintu-pintu kedatangan wisman (wisatawan mancanegara).
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak