alexametrics

Sri Mulyani Cerita Setiap Kementerian Selalu Minta Anggaran Naik

loading...
Sri Mulyani Cerita Setiap Kementerian Selalu Minta Anggaran Naik
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan dalam setiap kesempatan berkunjung ke Kementerian dan Lembaga (K/L), banyak diantaranya yang meminta kenaikan anggaran belanja. Padahal menurutnya, setiap tahun anggaran belanja K/L selalu meningkat.

"Semua Kementerian kalau saya datang, minta naik (anggarannya). Kemarin Kementerian Pertahanan minta naik," cerita Sri Mulyani dalam BRI Group Economic Forum 2020 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Sri Mulyani menekankan, tak hanya Kementerian Pertahanan, setiap Kementerian pasti memiliki kepentingan untuk meningkatkan anggaran di setiap tahun. Oleh sebab itu, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan instrumen kebijakan fiskal harus bisa responsif dalam memenuhi kebutuhan setiap K/L, namun harus tetap mengedepankan pengelolaan yang kredibel.



"Ada pertahanan, infrastruktur, sumber daya manusia (SDM). Bicara SDM berkaitan dengan Pak Nadiem di Kementerian Pendidikan, semua memiliki case yang semua penting. Jadi APBN harus mendukung ekonomi dan kemajuan sosial dan di waktu yang bersamaan tetap menjaga kesehatan dan stabilitas," jelasnya.

Pada tahun ini, pemerintah menganggarkan belanja negara sebesar Rp2.540,4 triliun. Terdiri dari belanja pemerintah pusat Rp1.683,5 triliun serta transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) sebesar Rp856,9 triliun.

Sementara untuk penerimaan, pemerintah menargetkan sebesar Rp2.233,2 triliun. Terdiri dari penerimaan perpajakan Rp1.865,7 tirliun, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp367 triliun, dan hibah sebesar Rp500 miliar.

"Jadi kami coba maksimalkan penggunaan APBN 2020. Kami sadar kalau mengelola APBN akan sangat dinamis. Beberapa Kementerian dan Lembaga ada alokasi anggaran yang besar," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak