Gara-Gara Ini, Sri Mulyani Pernah Dipermalukan di Bank Dunia

Kamis, 30 Januari 2020 - 13:37 WIB
Gara-Gara Ini, Sri Mulyani Pernah Dipermalukan di Bank Dunia
Gara-Gara Ini, Sri Mulyani Pernah Dipermalukan di Bank Dunia
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku, dirinya pernah dipermalukan oleh mantan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim. Bukan karena masalah ekonomi Indonesia, atau kinerjanya di Bank Dunia, tapi gara-gara isu stunting di Indonesia.

"Waktu saya di Bank Dunia pertama kali, saya dipermalukan soal stunting, itu karena Presiden Bank Dunia (Jim Yong Kim) juga seorang dokter," ujar Sri Mulyani di acara peluncuran laporan Bank Dunia bertajuk "Aspiring Indonesia: Expanding the Middle Class" di Soehanna Hall, The Energy Building, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Indonesia memang terbilang salah satu negara dengan angka stunting yang tinggi. Kondisi ini menyebabkan banyak anak Indonesia tumbuh dan berkembang tidak sesuai dengan kondisi yang seharusnya. Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengaku, saat itu dirinya belum mengetahui gambaran kondisi stunting di Indonesia.

Sri Mulyani pun memberitahukan isu tersebut kepada Jusuf Kalla (JK), saat Wakil Presiden (Wapres) berkunjung ke Washington DC. Dia memaparkan bagaimana stunting mempengaruhi kehidupan masyarakat. Wapres JK lalu menginstruksikan stunting untuk menjadi perhatian semua pihak.

"Semenjak itu Pak JK aware sama stunting dan lihat dalam debate presidential election banyak ngomongin stunting. Itu big achievement. Maka sejak itu persoalannya bukan satu kementerian dan satu daerah, tapi semuanya," jelasnya.

Pemerintah secara gotong-royong kini telah menyiapkan sejumlah langkah agar stunting bisa ditekan. "Strategi pemerintah, maka kita melakukannya keroyokan. Targetnya 100 kabupaten dengan seluruh Kementerian bersama sama melakukan itu," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6885 seconds (0.1#10.140)