alexametrics

Pusat Induk Ikan Unggul Nasional Akan Hadir di Musi Rawas

loading...
Pusat Induk Ikan Unggul Nasional Akan Hadir di Musi Rawas
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memilih Kabupaten Musi Rawas sebagai pusat pengembangan induk ikan unggul nasional (national broodstock center). Foto/Ilustrasi
A+ A-
MUSI RAWAS - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memilih Kabupaten Musi Rawas sebagai pusat pengembangan induk ikan unggul nasional (national broodstock center). Pemilihan Musi Rawas sebagai lokasi broodstock center, selain karena kabupaten ini merupakan salah satu sentral budidaya ikan air tawar, juga karena komitmen Pemda yang tinggi dalam upaya memajukkan perikanan budidaya.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menjelaskan, keberadaan broodstock center ini akan jadi penyangga stock suplai induk ikan unggul dan benih bermutu guna memenuhi kebutuhan nasional, khususnya untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan.

"Keberadaan broodstock center ini sangat penting dan strategis sebagai bagian dalam mengembangkan logistik induk dan benih nasional. Kami akan fokus untuk kembangkan komoditas unggulan ikan air tawar dan kami dorong untuk menyuplai kebutuhan khususnya di wilayah Sumatera dan Kalimantan," jelas Slamet, Kamis (30/1/2020).



Lebih lanjut Ia menyakini, nantinya akan ada multiplier effect yakni tumbuh dan berkembangnya unit-unit pembenihan rakyat sekaligus memicu perkembangan aktivitas budidaya di berbagai daerah. Selain untuk pengembangan induk bagi komoditas unggulan komersial, broodstock center ini nantinya juga akan fokus pada produksi induk dan benih bagi jenis ikan endemik dan spesifik lokal seperti Papuyu, Belida dan lainnya.

Sebagai informasi, jumlah Rumah Tangga Perikanan (RTP) yang menggeluti usaha budidaya ikan di Kabupaten Musi Rawas mencapai 4.062 RTP dengan didominasi pembudidaya ikan skala kecil. Tahun 2019 tercatat produksi perikanan budidaya Kabupaten Musi Rawas sebanyak 76.321,95 ton dengan luas pemanfaatan lahan kolam mencapai 792,66 hektar. Adapun komoditas unggulan yakni ikan nila, lele, patin, dan gurame.

Sedangkan produksi benih di Kabupaten Musi Rawas tahun 2019 mencapai 1.420.800.000 ekor dengan luas kolam/unit perbenihan seluas 94,36 ha. Produksi benih ini dihasilkan oleh UPTD Dinas Perikanan Kabupaten Musi Rawas dan unit unit pembenihan rakyat.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak