Sri Mulyani Sebut Banyak Negara Kehabisan Amunisi Hadapi Pelemahan Global

Rabu, 05 Februari 2020 - 18:55 WIB
Sri Mulyani Sebut Banyak Negara Kehabisan Amunisi Hadapi Pelemahan Global
Sri Mulyani Sebut Banyak Negara Kehabisan Amunisi Hadapi Pelemahan Global
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengutarakan, banyak negara kehabisan amunisi untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi, seiring dengan tekanan global yang semakin berat. Ditambah tekanan politik yang begitu intens turut menekan ekonomi dunia yang diyakini masih akan terus berlanjut dari tahun lalu hingga 2020.

"Banyak negara dalam kutip kehabisan amunisi, atau kekurangam strategi untuk menghadapi pelemahan ekonomi global ini berkontribusi pada volitily pasar global," ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Lebih lanjut menurut Menkeu, sepuluh tahun ini pertumbuhan ekonomi global terus mengalami pelemahan. Hal ini seiringnya kurangnya strategi dalam menerpakan kebijakan ekonomi yang kurang tepat

"Hal ini terlihat dari refleksi negatif kebijakan negara dan banyak memahami jeda penerapan kebijakan. Jadi sekali lagi selama 10 tahun terakhir mencatatkan pelemahan ekonomi global terus," jelasnya

Sambung dia mencontohkan akibat pelemahan ekonomi global turut membuat Indonesia juga tertekan. Untuk itu Indonesia harus memiliki sektor yang diubah baik dalam kebijakan fiskal maupun moneter. "Kita enggak boleh bergantung pada industri makro, jangan bergantung pada kebijakan moneter dan kita harus melakukan reformasi struktural," ungkap Sri Mulyani.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)