Gubernur BI Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga Kredit

Kamis, 06 Februari 2020 - 11:38 WIB
Gubernur BI Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga Kredit
Gubernur BI Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga Kredit
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meminta perbankan untuk menurunkan suku bunga kreditnya. Hal ini lantaran BI telah beberapa kali memangkas suku bunga acuan dari yang sebelumnya 6% menjadi 5%.

"Tahun lalu, kita menurunkan suku bunga 4 kali. Tentu saja kami tetap berusaha meminta bank memangkas suku bunganya," ujar Perry di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Perry memprediksi kinerja kredit perbankan tetap tumbuh dua digit pada 2020. Hal ini didorong dari kebijakan akomodatif yang dikeluarkan BI. "Prediksi kredit tumbuh 10% karena dibantu kebijakan yang akomodatif. Medium term look, satu sektor penunjang adalah reformasi struktural," tuturnya.

Perry melanjutkan, kebijakan akomodatif yang dikeluarkan diantaranya pelonggaran uang muka Kredit Kepimilikan Rumah (KPR) dan pelonggaran kredit sektor automotif.

"Jadi ini yang disebut makroprudensial policy yang lebih akomodatif. Kami juga mendorong perbankan menerapkan kebijakan akomodatif. Jadi sekali lagi saya ingin menjaminkan ke bapak-ibu policy BI selalu akomodatif," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5431 seconds (0.1#10.140)