Pasca Pembatasan Impor, Luhut: Hubungan Indonesia dan China Masih Baik

Jum'at, 07 Februari 2020 - 10:28 WIB
Pasca Pembatasan Impor, Luhut: Hubungan Indonesia dan China Masih Baik
Pasca Pembatasan Impor, Luhut: Hubungan Indonesia dan China Masih Baik
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pemerintah akan terus mengevaluasi pembatasan hubungan perdagangan dengan China setiap dua hari sekali.

Pembatasan ini di sektor perdagangan dan penerbangan. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona ke Indonesia. Dalam evaluasinya, pemerintah juga meminta masukan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kita sudah bilang, evaluasi setiap dua hari. Kita juga tidak boleh mengabaikan masukan dari WHO. Karena kita ikut anggota WHO," ujar Luhut di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Meski melakukan penundaan, kata Luhut, hubungan Indonesia dan China masih baik-baik saja, pasca adanya penundaan rute penerbangan dan perdagangan.

"Penundaan penerbangan dan pembatasan sementara impor tak akan menganggu hubungan kedua negara. Saya sudah telepon Dubes China," jelasnya.

Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia, Xioa Qian, keberatan dengan keputusan Indonesia menghentikan sementara penerbangan dari dan ke China, serta rencana menghentikan impor makanan dari China. Xioa mengatakan apa yang dilakukan Indonesia tidak sejalan dengan saran WHO.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4664 seconds (0.1#10.140)