alexametrics

10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia

loading...
10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia
Wilayah dunia yang hampir separuhnya terdiri dari lautan menjadikan bisnis kapal menjadi sangat strategis dalam menghasilkan pundi-pundi kekayaan. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
DUNIA perkapalan menjadi salah satu lini bisnis menguntungkan di dunia. Wilayah dunia yang hampir separuhnya terdiri dari lautan menjadikan bisnis kapal menjadi sangat strategis dalam menghasilkan pundi-pundi kekayaan. Berikut 10 pengusaha perkapalan paling tajir di dunia.

1. Li Ka Shing dan Keluarga (Hong Kong)
10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia
Kekayaan Bersih : USD31 Miliar
Li Ka Shing memiliki Perusahaan Fortune 500, Hutchison Wampoa Limited, dan melalui Hutchison Port Holdings, mereka mengendalikan 52 terminal peti kemas di 26 wilayah berbeda di seluruh dunia. Keluarga ini juga sangat sukses di bidang real estate, telekomunikasi dan ritel.

2. A.P. Moller-Maersk dan Keluarga (Denmark)
10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia
Kekayaan Bersih : USD21 Miliar
Moeller-Maersk adalah konglomerat global dengan hampir 90.000 karyawan. Keluarga ini telah membangun kekayaannya yang besar dengan memiliki dan mengoperasikan kapal kontainer dan pelabuhan, serta sangat terlibat dalam logistik, minyak dan gas.



3. Keluarga Iris Fontbona dan Luksic (Chile)
10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia
Kekayaan Bersih : USD17,4 Miliar
Janda almarhum miliarder Kroasia-Chile, Andronico Luksic, Iris Fontbana dari Chile mewarisi kekayaan suaminya pada 2005. Kekayaan utama keluarga tersebut berasal dari Antofagasta, tambang tembaga terbesar di dunia yang didirikan Andronico pada tahun 80-an. Keluarga ini memiliki usaha penambangan di seluruh dunia, serta bisnis bidang energi, transportasi, dan layanan pelabuhan.

4. Robert Kuok (Malaysia)

10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia


Kekayaan Bersih : USD12,5 MiliarDigambarkan sebagai 'pengusaha yang sempurna', Kuok membeli hak penjualan Coca-Cola di China pada 1993, sehingga sumber kekayaannya bukan semata-mata untuk pengiriman barang. Selain dari kepentingan pengirimannya, ia juga terlibat dalam pertambangan, perdagangan, real estat, hotel dan penerbitan di sebagian besar Asia Tenggara dan Australia. Kuok adalah orang terkaya di Malaysia.

5. John Fredriksen (Siprus)

10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia


Kekayaan bersih : USD11,5 miliar
John Fredriksen adalah pengusaha kelahiran Norwegia pemegang paspor Siprus, tinggal di London dan memiliki armada kapal tanker minyak terbesar di dunia. Dia bergabung dengan industri perkapalan pada tahun 60-an ketika dia mulai berdagang minyak di Beirut, dan membeli tanker pertamanya di tahun 90-an. Dia terlibat dalam pengiriman peti kemas melalui investasi yang signifikan dengan grup perjalanan TUI AG, pemegang saham utama di Hapag-Lloyd.

6. Keluarga Oetker (Jerman)

10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia


Kekayaan Bersih : USD9,2 MiliarKeluarga yang dikenal dengan bisnis pizza beku Dr Oetker serta produk-produk kue dan yoghurt ini memiliki perusahaan pengiriman Hamburg Süd serta bank, penerbit, pabrik bir, hotel dan asuransi. Konglomerat di bawah bendera Grup Oetker ini juga memiliki usaha jasa pengiriman pakaian serta telah mengambil alih beberapa perusahaan pengiriman lainnya selama beberapa dekade.

7. Klaus-Michael Kuhne (Jerman)

10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia


Kekayaan Bersih : USD9,0 MiliarKlaus-Michael bergabung dengan perusahaan logistik keluarga, Kuehne & Nagel pada 1963 dan tiga tahun kemudian ia dinobatkan sebagai CEO. Saat ini ia sudah pensiun dari dunia pelayaran, tetapi tetap memiliki 53% saham perusahaan yang berspesialisasi dalam angkutan laut dan udara serta logistik berbasis IT ini.

8. Gianluigi Aponte dan keluarga (Swiss)

10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia


Kekayaan Bersih : USD8,0 MiliarGianluigi Aponte dan istrinya adalah pemilik Grup MSC, jalur pengiriman peti kemas terbesar kedua di dunia, dengan lebih dari 400 armada kapal. Gianluigi memulai kariernya sebagai kapten kapal feri pada 1960-an, dan satu dekade kemudian meluncurkan Mediterania Shipping SA bersama istrinya Rafaela.

9. Idan Ofer (Israel)

10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia


Kekayaan Bersih : USD6,5 MiliarIdan Ofer adalah CEO Quantum Pacific Group, yang minat utamanya adalah jalur pelayaran pribadi terbesar di dunia. Dia juga pemegang saham utama Pacific Drilling, yang telah go public di Bursa Efek New York tahun 2015. Idan Ofer baru-baru ini menyumbangkan 25 juta poundsterling kepada London Business School, tempat ia pernah belajar.

10. Eyal Ofer (Israel)

10 Pengusaha Kapal Terkaya di Dunia


Kekayaan bersih : USD6,0 Miliar
Saudara Idan Ofer, Eyal, adalah ketua Zodiac Maritime Agencies, sebuah usaha jalur pelayaran dengan armada lebih dari 130 kapal. Ia juga memiliki minat di kedua Royal Cruise Line dan Terminal Lepas Pantai OMNI. Aset propertinya cukup banyak di seluruh dunia termasuk di kawasan elit New York, - 15 Central Park West, dan pencakar langit Altria. Pada 2013, Eyal menyumbangkan 10 juta pounsterling untuk Tate Modern di London.

Sumber: https://www.movehub.com
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak