alexametrics

Ekonomi Global Meredup, Jokowi Dorong Percepatan Belanja Pemerintah

loading...
Ekonomi Global Meredup, Jokowi Dorong Percepatan Belanja Pemerintah
Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan belanja sejak awal tahun di Kementerian atau Lembaga untuk menjadi pengungkit bagi perekonomian. Foto/Dita Angga
A+ A-
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan belanja sejak awal tahun di Kementerian atau Lembaga. Hal ini dinilai bisa menjadi pengungkit di tengah meredupnya ekonomi global.

"Dalam situasi yang kita alami sekarang ini kecepatan kita membelanjakan anggaran-anggaran yang ada di setiap kementerian seawal mungkin akan jadi sebuah pengungkit bagi meredupnya ekonomi global," ujar Jokowi saat membuka rapat paripurna kabinet di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (11/2/2020).

(Baca Juga: Dongkrak Ekonomi RI di Kuartal I/2020, Sri Mulyani Berharap ke Dana BOS)



Dia mengatakan, kondisi ekonomi yang tidak bersahabat diperparah dengan adanya serangan virus corona. Sehingga dia meminta sebelum bulan Februari berakhir, seluruh kementerian/lembaga dapat segera merealisasikan belanjanya. “Sebelum Februari ini belanja agar segera direalisasikan secapatnya seluruh kementerian/lembaga,” ungkapnya.

(Baca Juga: Imbas Virus Corona, Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa di Bawah 5%)

Dicontohkan olehnya salah satu kementerian yang sudah merealisasikan belanjanya adalah Kementerian PUPR dengan nilai sangat besar. Dia berharap kementerian lain bisa mengikuti lanngkah Kementerian PUPR, terutama kementerian yang berkaitan dengan belanja modal dan langsung.

“Kementerian Sosial itu membelanjakan bansos, PKH itu sangat membantu. Saya juga berharap dana desa bisa langsung segera direalisasikan sehingga desa-desa daya beli dan konsumsinya tidak terganggu,” pungkasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak