Transaksi Internet Banking BRI Naik 103,4% Capai 1,1 Miliar

Selasa, 11 Februari 2020 - 19:59 WIB
Transaksi Internet Banking BRI Naik 103,4% Capai 1,1 Miliar
Transaksi Internet Banking BRI Naik 103,4% Capai 1,1 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mencatatkan transaksi Mobile Banking BRI hingga akhir tahun 2019 sebesar 370,5 juta transaksi atau tumbuh 16,7% secara tahunan (year-on-year/yoy). Sedangkan Internet Banking BRI tercatat 1,1 miliar transaksi atau tumbuh 103,4% yoy.

"Ini mencerminkan bahwa masyarakat semakin menggemari transaksi digital banking milik Bank BRI yang menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan," kata Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Adapun hingga akhir tahun 2019, tercatat transaksi di kantor cabang BRI menjadi 10,1% dari seluruh total transaksi atau turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 14,9%.

Menurut Amam, salah satu faktor yang membuat masyarakat kian jarang bertransaksi di kantor cabang BRI diantaranya pesatnya pertumbuhan transaksi menggunakan e-channel BRI, salah satunya Agen BRILink yang mencapai 422.160 agen di seluruh Indonesia. Hingga akhir tahun 2019, jumlah transaksi finansial Agen BRILink mencapai 521 juta transaksi, atau tumbuh 37,6% yoy.

Pertumbuhan yang pesat ini disebabkan oleh pengembangan fitur secara terus menerus sehingga masyarakat semakin dimudahkan dalam transaksi keuangan sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor cabang konvensional.

"Agen BRILink menyediakan layanan keuangan tanpa kantor (branchless banking) terbukti mendukung keuangan inklusif di tengah masyarakat. Keberadaannya telah mengurangi transaksi di jaringan kantor konvensional milik Bank BRI," tuturnya.

Perluasan cakupan wilayah juga mempengaruhi pesatnya pertumbuhan transaksi finasial Agen BRILink. Saat ini Agen BRILink sudah terdapat di 51.661 desa di seluruh Indonesia, dimana hal tersebut tentunya semakin mendekatkan akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Beberapa alasan mengapa masyarakat mulai beralih bertransaksi melalui Agen BRILink dibandingkan di kantor cabang konvensional. Pertama, tentunya akses atau faktor kedekatan dengan tempat tinggal berpengaruh.

Disamping itu, apabila nasabah bertransaksi di Agen BRILink tidak perlu dandan atau berpakaian rapi, serta Agen BRILink mempunyai fleksibilitas dalam hal jam pelayanan dibandingkan dengan kantor cabang BRI. "Sedangkan faktor lain yang membuat nasabah BRI kian malas mendatangi kantor cabang adalah layanan digital banking milik Bank BRI," ungkap Amam.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0013 seconds (0.1#10.140)