alexametrics

Kurs Rupiah Diprediksi Lanjutkan Tren Penguatan Hari Ini

loading...
Kurs Rupiah Diprediksi Lanjutkan Tren Penguatan Hari Ini
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ketiga pekan ini diperkirakan masih akan melanjutkan penguatan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ketiga pekan ini diperkirakan masih akan melanjutkan penguatan. Sebelumnya pada perdagangan kemarin, kurs rupiah tercatat melompat ke level Rp13.668/USD di akhir sesi atau menguat dari penutupan sebelumnya Rp13.705/USD.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan pernyataan Jerome Powell semalam bisa memberikan sentimen positif ke aset berisiko termasuk rupiah. Hal ini dikarenakan ekonomi AS sebagai yang terbesar di dunia masih kuat hingga saat ini, tidak ada tanda-tanda resesi.

Tapi di sisi lain, Powell juga menyatakan kekhawatirannya terhadap wabah virus corona bagi pertumbuhan ekonomi global. "Rupiah masih diuntungkan karena negara kita masih belum ada orang yang dinyatakan terinfeksi virus corona. Potensi pergerakan IDR to USD hari ini di kisaran Rp13.630 hingga Rp13.680 per USD," ujar Ariston di Jakarta, Rabu (12/1/2020).



Lebih lanjut terang dia, S&P dalam analisisnya juga mengatakan bahwa virus corona bisa menekan laju pertumbuhan ekonomi global sebanyak 0,3%. Sedangkan untuk ekonomi China yang terhantam paling keras bisa mencapai sebesar 0,5%-1%.

"Penasihat keamanan gedung putih, Robert O’brien, juga menekankan dampak negatif virus corona terhadap implementasi kesepakatan dagang AS China tahap pertama. Semua kejadian di atas bisa menekan bisa menekan rupiah sebagai aset berisiko," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak