alexametrics

Rupiah Merangkak Naik di Akhir Sesi, Dolar AS Dekati Level Tertinggi Empat Bulan

loading...
Rupiah Merangkak Naik di Akhir Sesi, Dolar AS Dekati Level Tertinggi Empat Bulan
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan, Rabu (12/2/2020) ditutup merangkak naik, usai bekerja keras menjaga tren positif pada hari ketiga pekan ini. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan, Rabu (12/2/2020) ditutup merangkak naik, usai bekerja keras menjaga tren positif pada hari ketiga pekan ini. Kurs rupiah yang hanya naik tipis mengiringi dolar AS yang mendekati level terbaiknya dalam empat bulan seiring harapan penyebaran virus corona telah melambat.

Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah merangkak naik pada level Rp13.665/USD di akhir sesi atau menguat tidak terlalu besar dari penutupan sebelumnya Rp13.668/USD. Laju positif kurs rupiah hari ini dengan pergerakan harian pada kisaran Rp13.655 hingga Rp13.682/USD.

Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange stagnan di level Rp13.674per USD dari sesi penutupan kemarin yang bertengger pada posisi yang sama. Rupiah hari ini bergerak di antara Rp13.655-Rp13.675/USD.



Sementara berdasarkan data SINDOnews bersumber dari Limas, rupiah hingga sesi sore terlihat menujukkan penguatan yakni Rp13.690/USD. Raihan tersebut terjadi saat tekanan global masih membayangi pergerakan mata uang Garuda usai kemarin bertengger pada posisi Rp13.715/USD.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah tertahan pada zona hijau ke posisi Rp13.659 per USD untuk mengakhiri perdagangan dengan lanjutan tren positif. Posisi ini memperlihatkan rupiah terus bangkit usai kemarin berada di Rp13.686/USD.

Di sisi lain seperti dilansir Reuters, Dolar AS dekati posisi tertinggi dalam empat bulan pada hari Rabu di tengah harapan penyebaran virus corona telah melambat. Ditambah dolar Selandia Baru memperoleh dorongan setelah bank sentral menurunkan suku bunga.

Melawan enam mata uang utama, indeks dolar berangsur 0,1% lebih tinggi pada posisi 98,77. Raihan tersebut tepat di bawah posisi terbaiknya dalam empat bulan yakni 98,95 di sesi sebelumnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak