alexametrics

Turis Asing Turun, Pemerintah Pertimbangkan Insentif Bagi Maskapai

loading...
Turis Asing Turun, Pemerintah Pertimbangkan Insentif Bagi Maskapai
Acara Airlines Coordination Meeting di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Rabu (12/2/2020). Foto/Dok Kemenparekraf
A+ A-
JAKARTA - Dalam rangka mendongkrak sektor pariwisata di dalam negeri agar tetap bergairah, pemerintah mempertimbangkan untuk memberi insentif kepada maskapai.

Insentif tersebut diantaranya mengurangi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang selama ini diserap dari sektor maskapai. Termasuk dengan mengurangi biaya landing fee maupun penyewaan ruangan oleh maskapai di bandara-bandara kelolaan PT Angkasa Pura I dan II.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, rencana pemberian insentif tersebut dilakukan dalam rangka mempertahankan sektor pariwisata di tengah menurunnya kunjungan turis asing sebagai imbas wabah virus corona.



“Saya kira potensi turis domestik masih kuat. Selain itu ada potensi inbound wisatawan asing, terutama dari Asia Barat,” ungkap Menhub usai acara Airlines Coordination Meeting di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Selain memberikan insentif, pemerintah juga berharap adanya bundling antara pihak maskapai dan pihak hotel. “Sehingga dampak positifnya dirasakan oleh semua,” tuturnya.

Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Perhubungan sudah mengantisipasi sektor pariwisata untuk bisa bertahan. Dia menilai, dampak corona harus segera disikapi.

“Saya kira untuk beberapa negara masih baik ya, seperti Jepang, Korea, Amerika, Eropa dan lainnya. Namun demikian efeknya tetap banyak, makanya kita sudah berbicara dengan maskapai dan pihak terkait lain di sektor pariwisata,” ujarnya.

Dia menambahkan, secara komprehensif efek dari kebijakan memberikan insentif ini akan dipikirkan untuk kemudian dilaporkan kepada presiden.

“Akan segera kita bahas lagi. Yang jelas ini tantangan di sektor pariwisata. Kami menyambut baik kerjasama dengan Kemenhub dan stakeholder lain dalam mendukung sektor ini tetap bergairah,” pungkasnya.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak