alexametrics

Empat Pelabuhan di China Alami Penurunan Pengiriman Barang ke Indonesia

loading...
Empat Pelabuhan di China Alami Penurunan Pengiriman Barang ke Indonesia
Ilustrasi pelabuhan
A+ A-
JAKARTA - Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Syarif Hidayat mengatakan bahwa pengiriman barang dari China ke Indonesia selalu melalui enam pelabuhan yakni Qingdao, Xingang, Dalian, Shanghai, Liangyungang, dan Zhangjiagang.

Menurut dia, saat ini sebagian besar pelabuhan mengalami penurunan pengiriman barang ke Indonesia. “Memang secara umum empat pelabuhan besar terjadi penurunan pengirimann barang ke Indonesia dibandingkan Februari tahun kemarin. Ada yang turun sampai 61%, 40%, dan 67%,” katanya di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Empat pelabuhan yang mengalami penurunan antara lain Qingdao, Xingang, Dalian, Shanghai. Misalnya saja Qingdao penurunannya mencapai 61,83%. Lalu Xingang penurunannya mencapai 38,11%. Untuk Dalian penurunannya mencapai 67,77%. Sementara Shanghai penurunanya 72,37%. “Meksipun 4 pelabuhan terjadi penurunan tapi belum bisa dikaitkan langsung dengan virus corona,” tuturnuya.



Lebih lanjut, Syarif menuturkan bahwa ada yang menarik bahwa dua pelabuhan lainnya mengalami peningkatan pengiriman barang yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Bahkan Pelabuhan Zhangjiagang yang dekat Wuhan malah tumbuh 13,43%. Sementara Pelabuhan Liangyungang kenaikannya sebesar 60,54%.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak