alexametrics

Rupiah Akhir Pekan Diprediksi Sulit Bangkit ke Zona Hijau

loading...
Rupiah Akhir Pekan Diprediksi Sulit Bangkit ke Zona Hijau
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan akhir pekan diprediksi masih akan melanjutkan tren pelemahan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan akhir pekan diprediksi masih akan melanjutkan tren pelemahan. Kamis kemarin, kurs rupiah terpantau tergelincir pada level Rp13.688/USD atau melemah dari penutupan sebelumnya Rp13.665/USD.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, mengatakan pelemahan rupiah didorong adanya penambahan signifikan dalam laporan terbaru jumlah yang terinfeksi dan meninggal karena virus corona di provinsi hubei. Hal itu menyebabkan kekhawatiran di pasar keuangan.

"Provinsi hubei China menggunakan metode baru dengan mengikutsertakan deteksi lewat CT Scan. Akibatnya Pasar menganggap masih banyak kasus corona yang tidak terungkap. Ini menyebabkan harga aset berisiko tertekan dan aset safe haven emas melonjak lagi," ujar Ariston di Jakarta, Jumat (14/2/2020).



Lebih lanjut Ia menerangkan, pasar masih mewaspadai perkembangan terbaru. Harga aset berisiko mungkin saja bisa menguat lagi bila ada komentar-komentar yang meredakan kecemasan. "Potensi IDR to USD berada di kisaran Rp13.650 hingga Rp13.730 per USD," jelasnyA.

Sebelumnya rupiah terhadap dolarAS pada akhir perdagangan, Kamis (13/2) menyusut usai tertekan sejak sesi siang tadi. Pelemahan mata uang Garuda mengiringi kemerosotan Yuan China di tengah penyebaran wabah virus Corona.

Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah tergelincir pada level Rp13.688/USD di akhir sesi atau melemah dari penutupan sebelumnya Rp13.665/USD. Laju negatif kurs rupiah menjelang akhir pekan bergerak pada kisaran Rp13.654 hingga Rp13.700/USD.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak