alexametrics

Penerbangan Malaysia Airlines ke Kertajati Buka Potensi Pasar

loading...
Penerbangan Malaysia Airlines ke Kertajati Buka Potensi Pasar
Maskapai Malaysia Airlines bersiap melakukan penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A+ A-
JAKARTA - Malaysia Airlines (MH) kemarin melakukan penerbangan perdana dari Kuala Lumpur (KUL) ke Kertajati (KJT) dengan rute KUL - KJT - KUL. Dengan demikian, Malaysia Airlines menjadi maskapai internasional pertama berjadwal dan satu-satunya saat ini yang melayani langsung dari Kuala Lumpur ke Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Maskapai nasional kebanggaan negeri jiran ini mendarat mulus pada Kamis (13/2) pukul 19.45 WIB di Bandara Kertajati membawa 71 penumpang. Kemudian pesawat B737-800 ini kembali ke Kuala Lumpur mengangkut 171 penumpang, sebagian adalah jamaah umroh.

Maskapai ini nantinya akan terbang reguler sebanyak dua kali seminggu yaitu tiap Senin dan Kamis. Station Manager Malaysia Airlines Agung Wibowo mengatakan bahwa penerbangan ini merupakan bagian tonggak sejarah penting Malaysia Airlines dalam mengembangkan pasar potensial.



"Kami sangat bangga memperkenalkan rute baru internasional yang dilayani pergi pulang serta menempatkan Malaysia Airlines sebagai maskapai internasional pertama berjadwal dan satu-satunya saat ini yang melayani langsung dari Kuala Lumpur ke Kertajati," ujarnya di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Peresmian inagurasi di Terminal Keberangkatan Internasional BIJB dilaksanakan dengan cara pengalungan bunga penumpang dan pemotongan kue oleh perwakilan dari Kemenhub RI, Pemprov Jabar, manajemen Malaysia Airlines, BIJB, Pemkab Majalengka, Imigrasi & Bea Cukai Cirebon serta JAS Airport Services (JAS) selaku agen ground handling dari Malaysia Airlines.

Dalam kesempatan ini, Herman Prayitno selaku Presiden Komisaris JAS mengatakan, beroperasinya Bandara Kertajati tentu harus didukung dengan banyak mendaratnya pesawat, "Kami berupaya untuk berkomunikasi intens dengan maskapai pelanggan, dan alhamdullilah Malaysia Airlines telah melakukan penerbangan perdana," katanya.

Herman juga meyakini Bandara Kertajati yang memiliki potensi pasar besar akan terus berkembang sehingga seiring berjalan waktu penerbangan di Bandara ini akan semakin ramai, "Apalagi jika konektivitas seperti Tol Cisumdawu dan Kereta Api bisa segera terhubung," harapnya.

Sedangkan Direktur Keuangan BIJB M. Singgih dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada pihak Malaysia Airlines atas dibukanya penerbangan reguler internasional rute Kuala Lumpur - Kertajati, "Diharapkan ke depannya frekwensi penerbangan bisa ditambah," katanya.

JAS sendiri telah melayani ground handling dan cargo handling Malaysia Airlines di lima bandara intenasional yaitu Soekarno Hatta, Ngurah Rai, Juanda, Kualanamu dan yang terbaru BIJB. Sepanjang tahun 2019, JAS melayani 1.580.000 penumpang dan 12.700.000 ton kargo Malaysia Airlines.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak