alexametrics

Jangkau Ribuan Debitur, bjb Mesra Bidik Penyandang Disabilitas

loading...
Jangkau Ribuan Debitur, bjb Mesra Bidik Penyandang Disabilitas
Bank bjb dan Pemprov Jabar menggelar program Sapa Warga bertepatan satu tahun program bjb Mesra. Foto/dok humas bjb
A+ A-
BANDUNG - Bank bjb dan Pemprov Jabar memperluas penetrasi debitur program bjb Mesra kepada penyandang disabilitas. Program ini diharapkan mendorong pemberdayaan ekonomi bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Pencanangan program ini ditandai dilakukannya kerjasama antara bank bjb dan Fatayat dan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia yang bergerak dalam pemberdayaan UMKM kepada penyandang disabilitas.

Acara digelar di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang bersamaan dengan kegiatan Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat “Sapa Warga”.



Kerja sama ditandatangani oleh Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini dengan Ketua PW Provinsi Jawa Barat Hirni Zafa Hazefa, serta Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Kustini. Momen tersebut disaksikan Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Yuddy Renaldi mengatakan, bank bjb akan terus mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Barat terutama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Jawa Barat, termasuk disabilitas. Dia berharap, tahun 2020 ini masyarakat ekonomi mikro dapat tumbuh dan berkembang.

"Dan yang terpenting, mereka memiliki usaha produktif dan mengurangi ketergantungan kepada pinjaman informal. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui disiplin ilmu berbisnis dan mengelola keuangan dengan baik,” kata Yuddy dalam siaran persnya, Sabtu (15/2/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, sampai dengan bulan Januari kredit bjb Mesra telah disalurkan kepada 202 rumah ibadah, 383 kelompok, 2.802 orang, 105 kecamatan, 16 kabupaten, 6 kota.

Menurut dia, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam 1 tahun. Program ini telah membantu warga Provinsi Jawa Barat untuk menjadi Juara Lahir Bathin. Warga Jawa Barat yang tidak mampu kini telah menaikkan taraf hidupnya melalui kredit yang diterima.

Program pinjaman tanpa bunga dan tanpa agunan ini diperuntukkan bagi masyarakat Jawa Barat yang tidak mampu. Tujuannya menumbuhkan para pelaku UMKM yang ingin mendapatkan permodalan dan dapat diproses di tempat-tempat ibadah.

Selain MoU, juga dilakukan penyerahan apresiasi kepada DKM Al Mutaqin Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang sebagai DKM yang mampu mengelola kredit bjb Mesra dengan baik.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan secara simbolis penyerahan bantuan CSR bank bjb di sektor lingkungan melalui kegiatan Penataan Pantai Buricak Burinong Desa Pakualam dan Bantuan untuk Kampung Kaos Kaki. Bantuan tersbeut untuk menggerakkan ekonomi mayarakat serta lingkungan pantai yang menarik.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak