alexametrics

Kemenperin Bidik 4% Populasi RI Berwirausaha di 2030

loading...
Kemenperin Bidik 4% Populasi RI Berwirausaha di 2030
Kemenperin memfasilitasi upaya meningkatkan jumlah wirausaha di dalam negeri. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan jumlah wirausaha di Indonesia. Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya menargetkan 4% dari total populasi Indonesia berwirausaha pada 2030 seiring dengan target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

"Jadi kita mengejar supaya wirausahanya itu lebih dari jumlah yang saat ini, karena kita kan harus mencapai 4% wirausaha dari jumlah penduduk," ujar Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu (18/2/2020).

Menurutnya, jumlah wirausahawan Indonesia saat ini masih sekitar 3% dari total populasi penduduknya, sehingga masih perlu waktu panjang untuk mencapai target yang ingin dicapai.



"Karena sedikitnya butuh 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Sebab, rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1% dari total populasi penduduk," jelasnya.

Dia melanjutkan, untuk mendorong wirausaha diberikan fasilitasi yang diberikan Kementerian Perindustrian melalui Ditjen IKMA yaitu dengan dua model.

"Pertama, Santri Berindustri, dan kedua yaitu Santri Berkreasi. Model Santri Berindustri fokus pada pengembangan unit industri yang telah ada dan sumber daya manusia di lingkungan pondok pesantren yang terdiri dari santri dan alumni santri," ujarnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak