alexametrics

Ekonom Prediksi BI Akan Tahan Suku Bunga Acuan

loading...
Ekonom Prediksi BI Akan Tahan Suku Bunga Acuan
Bank Indonesia (BI) diprediksi akan kembali menahan tingkat suku bunga acuan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah memprediksi Bank Indonesia (BI) bakal menahan suku bunga acuannya. Penahanan suku bunga ini untuk mengantisipasi guncangan global akibat wabah virus corona.

Piter mengatakan, dampak penyebaran virus corona menyebabkan rupiah mengalami tekanan. Pelemahan pada mata uang garuda tersebut diKarenakan terhambatnya arus modal masuk.

"Saya Kira tekanan pelemahan rupiah ini akan menjadi pertimbangan BI dalam menetapkan kebijakan suku bunga," kata Piter saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (19/2/2020).



Dia melanjutkan, BI tentunya akan berusaha memitigasi risiko melambatnya perekonomian sebagai dampak Dari perlambatan ekonomi global yang juga disebabkan penyebaran virus corona.

"Dengan latar belakang ini saya memperkirakan BI masih akan menahan suku bunga dan melanjutkan pelonggaran moneter melalui bauran kebijakan nonbunga," jelasnya.

Dia melanjutkan adanya melonggarkan giro wajib minimum atau (GMW) akan meningkatkan operasi moneter yang bersifat ekspansif. "Contohnya kebijakan ini bisa Lebih efektif daripada kebijakan menurunkan suku bunga acuan," ujarnya.

Untuk diketahui, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 22-23 Januari 2020 memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) tetap sebesar 5%, suku bunga Deposit Facility sebesar 4,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 5,75%.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak