alexametrics

Serikat Pekerja Indosat Layangkan Surat Menolak PHK Tak Manusiawi

loading...
Serikat Pekerja Indosat Layangkan Surat Menolak PHK Tak Manusiawi
Serikat Pekerja (SP) Indosat mengirimkan surat resmi kepada manajemen sebagai bentuk protes atas aksi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 667 karyawan PT Indosat Tbk. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Serikat Pekerja (SP) Indosat mengirimkan surat resmi kepada manajemen sebagai bentuk protes atas aksi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 667 karyawan PT Indosat Tbk. Ketua Bidang Humas dan Media SP Indosat Ismu Hasyim secara tegas menolak cara-cara PHK yang dinilai tidak manusiawi

"SP Indosat menolak cara-cara PHK yang dilakukan manajemen yang kami nilai melanggar Undang-undang (UU), hak asasi manusia (HAM), dan tidak manusiawi," ujar Ismu Hasyim di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Terkait dengan keputusan PHK yang dilakukan oleh manajemen, sebelumnya SP Indosat sempat melakukan survey kepada para anggotanya dengan menggunakan tools survey mentimeter.com. "Pihak SP melakukan survey kepada seluruh anggota sejumlah 74% dari karyawan permanen Indosat. Survey ini mendapatkan feedback dari 17,45% anggota," ungkapnya.



Ia mengatakan terdapat dua buah pertanyaan dalam survey tersebut. "Pertama, satu kata saja impresi rekan-rekan terkait pelaksanaan Town Hall 'Seminar New Way of Working - WOW' pada 14 Februari lalu, yang bertepatan dengan tanggal PHK," tambah Ismu.

Kedua lanjut Ismu, pihak SP menanyakan bagaimana penilaian rekan-rekannya terkait pelaksanaan Town Hall 'Seminar New Way of Working - WOW' tersebut. "Untuk pertanyaan pertama, muncul kata-kata yang dominan antara lain Penipuan, Pemaksaan, Tidak Manusiawi, Kaget, Kecewa, Intimidasi, Tidak Adil, Shock, Tega, Menakutkan, Parah, Licik, Aneh, Dzalim, Unfair, Mencekam, Pembohongan, Tidak Jujur, Jahat, Mendadak, Terselubung," ungkap Ismu.

Kemudian untuk pertanyaan kedua, terdapat rating penilaian dari 1-10 untuk beberapa kategori. "Untuk CEO Speech (recorded), ratingnya 2,4/10, presentasi wakil manajemen di awal wawancara 2,8/10, Teknis Penyampaian Surat Keputusan (SK) 2,2/10, Merasa Terintimidasi dalam Penyelenggaraan 7,7/10, Merasa Terintimidasi oleh tim Konselor/Management 6,4/10," terang Ismu.

Lebih lanjut Ia memberikan contoh, pertanyaan terkait apakah merasa terintimidasi selama penyelenggaraaan, skor nya 7,7/10 yang artinya karyawan sangat merasa terintimidasi. "Jadi tidak berarti angka atau rating besar di survey tersebut adalah bagus," tutup Ismu.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak