alexametrics

Sri Mulyani: Ekonomi China Melemah 1% Berdampak 0,6% ke Indonesia

loading...
Sri Mulyani: Ekonomi China Melemah 1% Berdampak 0,6% ke Indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan wabah virus corona telah melemahkan ekonomi China. Ini akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Bahkan, Sri Mulyani menghitung pelemahan ekonomi China mencapai 1% dan berdampak pada penurunan ekonomi Indonesia antara 0,3% hingga 0,6%.

"China adalah negara ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Kontribusi ekonomi China 17% terhadap PDB dunia. Sehingga pelemahan ekonomi negara tersebut akan berefek langsung ke Indonesia, terutama di sektor manufaktur, perdagangan internasional, dan jasa pariwisata," terang Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Karena itu, kata dia, pemerintah akan terus mewaspadai perlambatan ekonomi China. Karena ini akan berdampak langsung terjadap sektor perdagangan dan sangat berpengaruh bagi ekonomi Indonesia.



"Ini yang harus kita waspadai karena pengaruhnya sangat besar dari sisi produksi, perdagangan internasional, dan pariwisata," katanya.

Dia pun menambahkan pemerintah mendorong Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah untuk dapat mengakselerasi belanja terutama pada periode awal tahun 2020. "Kita harapkan hal itu akan menyumbang confidence dan memberi momentum positif," harapnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak