alexametrics

Pengenaan Cukai Plastik Akan Menaikkan Harga Produk

loading...
Pengenaan Cukai Plastik Akan Menaikkan Harga Produk
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman, mengatakan pengenaan cukai pada produk plastik akan menaikkan harga sehingga pada akhirnya menurunkan daya beli masyarakat.

"Ini hal lama yang diulang lagi. Kami pernah melakukan kajian bahwa pengenaan cukai akan menaikkan harga dan akhirnya menurunkan daya beli masyarakat," ujarnya saat dihubungi SINDOnews, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Menurut Adhi, belum ada data yang menunjukkan pengenaan cukai bisa menurunkan PTM (penyakit tidak menular) dan obesitas sehingga perlu dikaji ulang jika itu tujuan pengenaan cukai produk plastik.



"Peran produk pangan olahan 30% dari total konsumsi pangan. Jadi alasan mengatasi PTM dan obesitas tidak tepat sasaran. Sebagian besar konsumsi segar dan olahan rumah tangga," jelasnya.

Adhi melanjutkan, apabila tujuannya untuk menurunkan PTM dan obesitas, pelaku usaha sudah berupaya membantu pemerintah melalui berbagai cara. Diantaranya melalui edukasi konsumen, reformulasi produk, dan mencari alternatif pemanis yang lebih baik.

"Di sisi lain dalam kajian yang lalu, bisa menurunkan pendapatan pajak. Kami sangat mengkhawatirkan ini karena tujuannya harus jelas. Kalau judulnya "Potensi Penerimaan", apakah tepat pemerintah melakukan ini?" tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak