Menteri Erick Thohir Ditagih DPR Soal Janji Holding BUMN

Kamis, 20 Februari 2020 - 19:28 WIB
Menteri Erick Thohir Ditagih DPR Soal Janji Holding BUMN
Menteri Erick Thohir Ditagih DPR Soal Janji Holding BUMN
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta menagih janji Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam rapat kerja Komisi VI DPR dengan Kementerian BUMN. Sebab rencana Holding BUMN, Integrasi BUMN dan Merger antar BUMN sampai saat ini belum ada rencana detailnya.

"Seperti yang kita ketahui lebih dari Rp180 Triliun keuntungan BUMN, 75 % dihasilkan hanya oleh 17 BUMN padahal jumlah BUMN 142 dan anak cucu BUMN hampir 700 lebih," kata Nyoman di Ruang Rapat Komisi VI DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Karena kata dia, banyak BUMN yang hanya bisa menghidupi diri sendiri, ada BUMN yang mengandalkan Penanaman Modal Negara (PMN), dan ada BUMN yang terus menerus rugi dan mati suri. "Begitu juga dengan anak cucu BUMN yang menjauh dari Core Bisnisnya, BUMN minyak mengurus Rumah sakit, BUMN pelabuhan Pelindo yang ikut mengurus outsourcing, Pegadaian mengurus outsourcing," ujar Legislator asal daerah pemilihan Bali ini.

Kemudian menurutnya, Perusahan Komunikasi PT Telkom ikut mengurus bisnis hotel. Dia melanjutkan, Pertamina dengan Perusahaan Gas Negara (PGN) sama-sama mengurus bisnis migas. "Jadi Pertamina disamping bisnis minyak juga gas, sebaiknnya difokuskan gas ke PGN," tuturnya.

Adapun mengenai tujuh Rencana transformasi BUMN yang disampaikan, dia memberikan apresiasi. Menurut dia, hal tersebut adalah harapan baru yang membawa aura positif pada BUMN yang selama ini susah berubah, feodal dan minim inovasi.

"Kami juga memberikan apresiasi atas target keuntungan BUMN dari 180 T bertambah 50% dari dan juga memberikan pemasukan 50% yang masuk ke kas Negara selama 2019 - 2024, ini target yang optimis," ujarnya.

Khusus untuk distribusi BBM dan Gas di daerah kepulauan, dia meminta agar Menteri BUMN Erick Thohir melakukan penugasan kepada Pertamina dan PNG agar melakukan langkah-langkah untuk daerah-daerah kepulauan yang ada di seluruh indonesia "Jangan samakan dengan daratan yang serba lancar, daerah kepulaun bisa terganggu oleh pasang surut air sungai dan laut" pungkasnya.

Sekadar diketahui, 7 rencana transformasi BUMN yang di rencanakan Kementerian BUMN adalah:

1. Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berkeadilan
2. Mengembangkan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan
3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing
4. Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan
5. Memperkuat Infrastruktur untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi dan Pelayanan Dasar
6. Membangun Lingkungan Hidup, Meningkatkan Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim
7. Memperkuat Stabilitas Polhukhankam dan Transformasi Pelayanan Publik.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5563 seconds (0.1#10.140)