alexametrics

Luhut Sebut Investasi USD5 Miliar Bakal Mangkrak Terdampak Corona

loading...
Luhut Sebut Investasi USD5 Miliar Bakal Mangkrak Terdampak Corona
Semenjak virus corona mewabah, investasi di Indonesia ikut terhambat, salah satunya pembangunan smelter yang terhenti karena pekerjanya banyak dari China. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Kordinator (Menko) Kemaritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan dampak corona bisa membuat investasi bakal mangkrak. Adapun, semenjak virus corona mewabah, investasi di Indonesia ikut terhambat.

Salah satunya investasi dari PT Vale Indonesia yang ingin membangun smelter di Sulawesi dengan nilai investasi USD5 miliar. Proyeknya kini terhambat lantaran banyak pekerjanya asal China.

"Sekarang ini investasi di Sulawesi kira-kira USD5 miliar. Itu kalau dua bulan tertunda kita akan kehilangan USD500 juta. Dampak itu besar sekali terhadap ekonomi kita dengan kondisi seperti ini," katanya di Jakarta, Jumat (21/2/2020).



Menurut dia, pekerja di PT Vale Indonesia rata-rata merupakan tenaga kerja asing (TKA) asal China. Hal inilah yang akan membuat investasi bakal mangkrak dikarenakan belum dibolehkannya tenaga kerja China masuk ke Indonesia.

"Dan penundaan pegawai dari luar Indonesia itu berdampak kepada jalannya investasi di kita. Pas mau mulai konstruksi, terjadilah corona virus sehingga sekarang pegawai Chinanya itu tertunda datang," jelasnya.

Dia pun pun masih mempertimbangkan, apakah akan mengizinkan pegawai selevel manajerial dari China bisa datang ke Indonesia, setelah dikarantina terlebih dahulu. "Kita harus betul-betul memperhatikan kerjasama dalam ekonomi secara global," jelasnya.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak