alexametrics

Mau Sukses Melamar Kerja di BUMN? Cermati 5 Tips Ini

loading...
Mau Sukses Melamar Kerja di BUMN? Cermati 5 Tips Ini
Simak lima tips di bawah agar sukses melamar kerja di perusahaan-perusahaan milik negara. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong anak muda untuk menjadi bagian dari perusahaan pelat merah. Hal ini sejalan dengan kebutuhan BUMN akan sumber daya manusia (SDM) yang bisa menghadapi tantangan di era disrupsi digital dan menyongsong revolusi industri 4.0 yang berbasis teknologi informasi.

"Untuk menyiapkan talenta BUMN pengelolaan SDM yang mencakup aspek people, culture, organization, dan digitizing process sehingga terbentuk talenta yang berkarakter kuat, cinta Tanah Air, berdaya saing tinggi, berkolaborasi, dan menciptakan nilai tambah (creating value) sebagai karyawan BUMN," ujar Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN Herdy Harman di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Lantas bagaiman bisa lolos untuk jadi karyawan BUMN? Simak tipsnya:



1. Ubah pola pikir
Banyak orang yang takut saat menghadapi wawancara atau interview kerja dengan berbagai macam alasan. Jadi coba siapkan dirimu untuk lebih berani menerima keadaan seperti itu dan coba ubah mindset-mu. Jangan sampai kamu ketakutanmu ini malah membuatmu gagal, ambil nafas panjang dan cobalah untuk sibuk saat menunggu. "Hal yang pasti harus kamu siapkan adalah jangan takut apalagi minder," kata Herdy.

2. Siapkan strategi bisnis saat wawancara
Membawa dan menyusun startegi atau saran untuk perusahaan barumu saat interview sangat tepat. Cara ini banyak disarankan oleh pakar karena lewat cara yang satu ini perusahaan bisa menilaimu secara lebih detail. " Jadi jika memungkinkan kamu bisa membuat strategi improvement untuk perusahaan yang mau dituju," jelasnya.

3. Jangan pernah bilang "tidak tahu"
Kesalahan yang sering dilakukan saat wawancara kerja adalah mengatakan tidak tahu. Padahal hal ini tidak boleh dilakukan karena ini bisa menandakan kamu kurang persiapan atau kurang percaya diri. Lebih baik memikirkan jawabannya terlebih dahulu dibanding harus menjawab tidak tahu.

4. Tunjukkan kemampuan dan kelebihanmu
Jangan malu-malu untuk menunjukkan kelebihanmu, ini saat yang tepat untuk menjelaskan atau menjabarkan kelebihanmu. Kelebihan-kelebihan ini yang akan jadi bahan pertimbangan apakah kamu bisa diterima kerja. Tunjukkan semua kelebihan yang bisa mendukung bekerja di perusahaan impianmu.

5. Akhlak
Syarat yang perlu dimiliki untuk menjadi pegawai BUMN adalah memiliki akhlak yang baik guna menjalan tugaskan. Pentingnya faktor akhlak ini bahkan sudah beberapa kali diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir di beberapa kesempatan. "Akhlak yang baik jadi pertimbangan kita dalam merekerut karyawan ke BUMN," tegas Herdy.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak