alexametrics

Diskon Tiket Pesawat ke 10 Bali Baru, Sri Mulyani Ungkap Rincian Anggaran

loading...
Diskon Tiket Pesawat ke 10 Bali Baru, Sri Mulyani Ungkap Rincian Anggaran
Menkeu Sri Mulyani memaparkan, telah menyiapkan anggaran Rp443,9 miliar dalam bentuk insentif bagi wisatawan dalam negeri yang berbuntut terhadap diskon tiket pesawat. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memaparkan, telah menyiapkan anggaran Rp443,9 miliar dalam bentuk insentif bagi wisatawan dalam negeri yang berbuntut terhadap diskon tiket pesawat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengemukakan rencananya memberikan diskon 30% bagi wisatawan mancanegara dan domestik, serta 50% bagi turis yang pakai jasa biro perjalanan.

Kini pemerintah mendorong maskapai memberikan potongan harga untuk perjalanan ke 10 Bali baru. Hal ini dilakukan untuk menggenjot sektor pariwisata yang terdampak wabah virus corona (covid-19). “Untuk wisatawan dalam negeri akan diberikan Rp443,9 miliar insentif dalam bentuk discount 30% potongan harga tiket untuk 25% jumlah seat per pesawat yang menuju di sepuluh destinasi pariwisata,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Kantor Presiden, Senin (25/2/2020).

(Baca Juga: Pemerintah Beri Insentif ke Maskapai, Tiket Pesawat Diskon 50%)



Sepuluh destinasi wisata yang dimaksud antara lain Danau Toba (Silangit) di Sumatra Utara, DI Yogyakarta, Malang di Jawa Timur, Manado di Sulawesi Utara. Selain itu juga Bali, Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Bangka Belitung, serta Batam dan Bintan di Kepulauan Riau.

Rencananya diskon ini akan mulai diberlakukan pada bulan Maret mendatang. “Jadi tiket untuk 10 destinasi pariwisata itu mendapat diskon dari pemerintah sebesar 30% dari 25 seat pesawat tersebut,” ungkap Menkeu.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan insentif bagi maskapai dan biro travel yang mendatangkan wisatawan asing ke Indonesia. Dia mengatakan pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp298,5 miliar untuk insentif tersebut.

“Ini dalam rangka memberikan isnentif per satuan wisatawan yang bisa dibawa ke dalam negeri untuk airlines, travel agent, untuk joint promotion, untuk tourist representative, dan untuk influencer . Itu semuanya dalam rangka membawa wisman ke dalam negeri,” tuturnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan insetif sebesar Rp.298,5 miliar diharapkan dapat menarik 736 ribu wisatawan asing. Dia mengatakan dari 736 wisatawan asing yang ditargetkan diharapkan dapat mengasilkan devisa sebesar Rp.13 triliun. Dimana pemerintah akan memfokuskan pada pasar-pasar lain selain China.

“Kita fokuskan ke pasar-pasar lain, selain China yaitu negara seperti Australia, Eropa dan sebagainya yang punya spending sangat besar di Indonesia per arrivalnya atau ASPAnya. Kurang lebih kita targetkan yang Aspanya di atas USD1700 per kunjungan, sehingga punya dampak ekonomi yang besar buat indonesia,” paparnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak