alexametrics

Stimulus Sektor Perumahan, Menko Airlangga Kucurkan Rp1,5 Triliun

loading...
Stimulus Sektor Perumahan, Menko Airlangga Kucurkan Rp1,5 Triliun
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah juga akan memberikan stimulus di sektor perumahan. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah juga akan memberikan stimulus di sektor perumahan. Ini menjadi salah satu insentif yang diberikan pemerintah untuk mengantispasi dampak virus corona.

Lebih lanjut Ia memaparkan, pemerintah akan mengucurkan anggaran Rp.1,5 triliun untuk perumahan dengan rincian Rp800 miliar berupa subsidi bunga dan Rp700 miliar berupa subsidi uang muka. “Jadi tentu dengan demikian, dari jumlah penyaluran KPR 330.000 unit, eksisting FLPP sebanyak 88.000, dan BP2BT 67.000 unit, sehingga ada tambahan sebanyak 175.000 unit dan ini dilaksanakan oleh bank umum maupun kementerian PUPR,” katanya di Kantor Presiden, Selasa (25/2/2020).

Sementara Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, dari Rp1,5 triliun dari anggaran untuk stimulus perumahan, Rp 800 miliar untuk subsidi selisih bunga selama 10 tahun. Dimana bunga yang dibayar konsumen hanya 5%. “Sementara Rp700 miliar untuk bantuan uang muka perumahan,” ungkapnya.



Mantan Direktur Bank Dunia itu menjelaskan, dengan tambahan Rp1,5 triliun ini, maka akan ada tambahan 175 ribu unit rumah baru yang bisa dibangun. Sehingga total penyaluran KPR untuk masyarakat berpendapatan rendah adalah sebesar 330 ribu unit rumah tahun ini.

“Karena sektor perumahan ini memiliki 174 sektor yang terkait, kita berharap kenaikan jumlah unit yang dibangun akan menciptakan dampak positif ke sektor yang berkaitan dengan perumahan,” pungkasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak