Cantik dan Sehat dengan Sirkulasi Udara Melalui Roster

Rabu, 26 Februari 2020 - 11:05 WIB
Cantik dan Sehat dengan Sirkulasi Udara Melalui Roster
Cantik dan Sehat dengan Sirkulasi Udara Melalui Roster
A A A
JAKARTA - Mengaplikan ventilasi di dalam rumah tidak hanya sebatas di jendela, penggunaan roster atau lubang angin bisa menjadi solusi yang tepat. Anda pun bisa mengaplikasikannya di salah satu dinding.

Awalnya roster hanya berfungsi sebagai lubang angin biasa untuk jalan masuknya udara ke dalam rumah. Penggunaannya pun hanya sebatas di atas pintu dan jendela. Namun, seiring dengan perkembangan desain, kini roster bisa dijadikan hal menarik di salah satu dinding rumah Anda.

Setidaknya, ada tiga alasan utama orang menggunakan roster sebagai jalur sirkulasi udara yang cantik dan penuh estetik di dalam rumah.

Desainer interior Robert Wiesanto mengatakan, roster atau sirkulasi udara saat ini sudah bisa diaplikasikan sebagai salah satu dekorasi unik di dalam rumah. Dengan begitu, sirkulasi udara bisa lebih maksimal dan adem. Bahkan, efek bayangan yang dihasilkan saat cahaya matahari menembus lubang-lubang roster pun menjadi menarik.

Roster yang ada di pasaran saat ini kebanyakan terbuat dari 5 jenis bahan, yakni tanah liat, batako (semen pasir), keramik, batu, dan kayu. "Ada juga roster yang terbuat dari batu alam. Seperti batu paras jogja atau batu paras palimanan, sedangkan untuk kayu adalah jenis bengkirai," jelas Robert.

Dilihat dari sisi produsennya, arsitek Katherine Suteja mengatakan bahwa roster dibagi dalam 3 jenis, yaitu home industry (buatan rumahan), karang pilang, dan terakota.

"Dilihat dari bentuk dan ukuran yang presisi, roster buatan rumahan kualitasnya di bawah karang pilang dan terakota. Tetapi dari segi harga, jenis ini memang lebih murah dibanding keduanya," sebut Katherine.

Jika dilihat dari keempatnya, harga yang paling mahal adalah roster keramik, dan yang paling murah adalah roster yang terbuat dari batako. Dan, salah satu yang membuat roster banyak digemari adalah kekuatan motifnya.

Motif bolongan roster terbilang sangat beragam, mulai dari bentuk desainnya yang minimalis hingga yang berukir. Anda tinggal menyesuaikan dengan konsep desain rumah secara keseluruhan. Anda pun akan mendapatkan tampilan dinding yang memikat pandangan.

"Dari sekian banyak motif, bentuk yang paling banyak dicari adalah yang berdesain simpel seperti kotak-kotak atau lingkaran polos," ungkapnya

Katherine menambahkan, konsep rumah sekarang yang kebanyakan modern jadi alasan pemilihan roster bermotif sederhana. Adapun dari segi ukuran, roster yang memiliki ukuran 20 cm x 20 cm termasuk yang paling tren.

Mungkin ukuran ini dianggap yang paling ideal karena penghawaan tetap optimal dan kesan privat tetap didapat sehingga Anda tidak akan terganggu dengan pemandangan area luar.

Berbeda dengan material dinding lainnya, teknik aplikasi roster memerlukan penanganan khusus. Sebab, roster cenderung lebih sulit dipasang ketimbang batu bata atau batako.

"Jika bidang dinding yang akan dipasang roster terbilang luas, diperlukan penambahan tulangan besi yang ditanam pada plesterannya. Atau menggunakan balok struktur dengan jarak ideal pada 3 m x 3 m," ungkapnya

Selain itu, untuk merekatkan roster satu dengan lainnya dapat menggunakan plesteran seperti dinding atau semen perekat. Jika suka dengan nat lebar, gunakan plesteran yang campurannya sama seperti membuat plesteran untuk dinding batu bata.

Jika tidak menyukai nat lebar, Anda dapat menggunakan semen perekat yang banyak dijual di pasaran. Bagaimana tertarik untuk mengubah sistem sirkulasi dan pencahayaan di rumah menjadi lebih bernilai estetik? Selamat mencoba. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4278 seconds (0.1#10.140)