Luhut Ungkap Alasan 3 Tokoh Asing Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:16 WIB
Luhut Ungkap Alasan 3 Tokoh Asing Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru
Luhut Ungkap Alasan 3 Tokoh Asing Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan alasan menjadikan tiga tokoh asing sebagai dewan pengarah ibu kota baru.

Ketiga tokoh asing yang dijadikan dewan pengarah, yaitu Putra Mahkota Abu Dhabi Uni Emirat Arab, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan sebagai ketua dewan Pengarah. Dua lagi adalah CEO SoftBank asal Jepang, Masayoshi Son, dan mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair. Keduanya didapuk sebagai anggota.

Luhut menerangkan alasan memilih mereka adalah untuk membantu pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Mengingat jaringan bisnis dan kucuran dana yang dikeluarkan dari tiga dewan pengarah tersebut cukup besar.

"Pengangkatan ini bukan hanya menguntungkan kita atau menguntungkan mereka. Ya, kalau hanya menguntungkan dia, kita cari yang lain. Kalau menguntungkan kita, mereka enggak mau. Sama-sama menguntungkan," kata Luhut di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Meski sudah ada tiga tokoh dunia, Luhut memberi sinyal tidak menutup kemungkinan untuk menambah dewan pengarah ibu kota baru. Hal ini seiring kebutuhan Indonesia yang ingin membuat ibu kota baru menjadi lebih baik.

"Kita punya contingency plan, jadi bukan hanya tiga ini saja. Jangan anda pikir hanya Masayoshi karena dia pengusaha. Memang Masayoshi yang paling agresif dan uang yang sudah konkret sekian banyak. Tapi saya sudah diskusi dengan tim, kita tidak boleh tergantung sama satu saja," ungkapnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6263 seconds (0.1#10.140)