alexametrics

Ketua OJK Sebut Kasus Jiwasraya Seperti Virus

loading...
Ketua OJK Sebut Kasus Jiwasraya Seperti Virus
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, mengibaratkan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) seperti virus yang menyerang industri asuransi nasional. Ia mengatakan akibat kasus Jiwasraya, pertumbuhan industri asuransi menurun.

"Kasus Jiwasraya seperti virus. Ini berdampak bagi ekosistem keuangan kita. Kalau kita peduli, ya bagaimana solusi kedepan agar masyarakat percaya pada sektor keuangan," tekan Wimboh dalam acara Economic Outlook 2020 di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Ia menerangkan bahwa konstribusi Jiwasraya sangat kecil, hanya 1% terhadap aset investasi di industri keuangan non bank (IKNB). Namun, kasus ini harus ditangani agar tidak berdampak ke lainnya. Yaitu dengan melakukan reformasi pada industri jasa keuangan.



Menurutnya, virus tersebut berkaitan dengan praktik tata kelola perusahaan yang baik. Wimboh pun menjelaskan bahwa ke depannya otoritas tidak akan segan-segan untuk membuka 'virus' yang ada di lembaga jasa keuangan. "Suatu saat kalau ada hal-hal yang tata kelolanya tidak bagus pasti akan kami buka," ujar dia.

Lanjut Wimboh, kasus Jiwasraya menjadi titik balik bagi otoritas untuk membenahi sektor keuangan, bukan hanya asuransi, tetapi juga pasar modal dan sektor-sektor lain yang saling berkaitan. Dia pun menjelaskan bahwa perbaikan perlu dilakukan segera.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak