alexametrics

Sri Mulyani Buka Opsi Beri Suntikan PMN ke Jiwasraya

loading...
Sri Mulyani Buka Opsi Beri Suntikan PMN ke Jiwasraya
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, membuka opsi untuk menyuntikan modal dengan cara penyertaan modal negara (PMN) ke Jiwasraya. Suntikan ini demi menyelamatkan asuransi perusahaan negara tersebut dari kasus gagal bayar.

Namun, sambung dia, opsi penggunaan uang negara alias PMN untuk Jiwasraya harus hasil final alternatif penyelesaian dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kita nanti melihat proposal yang sifatnya lebih final, termasuk berbagai kemungkinan. Kalau sampai akan ada intervensi dari ultimate shareholder yakni Kemenkeu dalam bentuk apapun, maka itu masuk ke UU APBN," terang Sri Mulyani dalam acara Economic Outlook 2020 di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (26/2/2020).



Tetapi Sri Mulyani belum memastikan pengunaan uang negara karena UU APBN 2020 tidak menyertakan suntikan modal untuk Jiwasraya. Jika ada anggaran yang harus dialokasikan, maka pemerintah barus bisa menyediakannya dalam UU APBN tahun depan.

"Kalian akan lihat di UU APBN 2020, kan kita tidak ada masuk pos saat ini dan kalau masuk ke 2021 maka akan kita sampaikan dan akan dibahas dengan dewan. Sehingga nanti kita dapatkan gambaran yang komplit mengenai what, went, wrong. Dan apa yang akan dilakukan tahap-tahap perbaikannya oleh pemerintah," jelasnya.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa pemerintah akan melakukan tahap-tahap perbaikan sesuai dengan kesepakatan dengan DPR. Sementara jika melihat situasi yang ada sekarang, maka pemerintah harus menghitung berapa kewajiban yang harus diselesaikan dan berapa kemampuan aset dan ekuitas untuk memenuhi berbagai kewajiban tadi.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak