alexametrics

Bukan Karena Rugi, Ini Alasan Erick Panggil Dirut BUMN Karya

loading...
Bukan Karena Rugi, Ini Alasan Erick Panggil Dirut BUMN Karya
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, pada Senin kemarin memangil para Direktur Utama BUMN Karya. Erick mengungkapkan pemanggilan tersebut bukan karena rugi. Melainkan mencari solusi pendanaan alternatif bagi BUMN karya guna menopang sejumlah proyek infrastruktur pemerintah.

"Pemanggilan tersebut bukan karena BUMN Karya merugi. Enggak ada itu. Jadi (pemanggilan) ini bahwa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah impactnya sangat bagus," ungkap Erick di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Erick menerangkan, saat ini untuk beberapa jalan tol, tingkat Internal Rate of Return (IRR) sudah di atas 10% dari sebelumnya tak menyentuh angka tersebut. Seperti IRR di pembangunan jalan tol di Jawa, Palembang, dan Lampung.



Namun, ia ingin agar BUMN karya mendapatkan pendanaan yang cukup dalam membangun sejumlah proyek infrastruktur.

Karena itu, Erick ingin agar BUMN Karya terus mencari alternatif pinjaman jangka panjang. "Tidak bisa pinjaman jangka pendek semua masuk ke proyek infrastruktur. Ini saja (alasan pemanggilan direksi BUMN karya), cuma dicarikan opsi (pendanaan)," katanya.

Dia pun memastikan bahwa IRR pada BUMN karya masih stabil. Erick kembali lagi menegaskan kepada awak media bahwa pemanggilan direksi BUMN karya pada Senin kemarin itu bukan karena perusahaan pelat merah itu menderita kerugian dengan beban utang yang tinggi.

"Enggak, kan IRR-nya sudah bagus. Dan beberapa jalan tol IRR-nya sudah ada yang 13% bahkan kalau kita kalau taruh deposito di bank berapa? Kalau returnnya level 13%, artinya lebih bagus kan," tekannya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak