alexametrics

Larangan Umrah, Agen Perjalanan Umrah Bakal Rugi Ratusan Juta Rupiah

loading...
Larangan Umrah, Agen Perjalanan Umrah Bakal Rugi Ratusan Juta Rupiah
Penyelenggaraan ibadah umrah. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk sementara menangguhkan kunjungan umrah bagi jamaah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penangguhan ini dilakukan karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona.

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) mengatakan penangguhan ini akan menimbulkan kerugian besar terhadap agen perjalanan umrah.

Ketua Amphuri, Joko Asmoro, mengatakan kerugian yang bakal diterima agent perjalanan umrah mencapai ratusan juta rupiah. Selama ini, Indonesia menjadi negara yang banyak mengirimkan warganya melakukan ibadah umrah.



"Pasti ada kerugian (dari penangguhan), ya sekitar ratusan juta rupiah. Karena kita saja dalam sebulan, mengirimkan 1 juta jemaah untuk melaksanakan umrah. Apalagi dengan adanya (penangguhan) ini, pastinya akan ada pengembalian dana untuk para jemaah yang batal berangkat," ujarnya kepada SINDOnews, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dia menambahkan bahwa kerugian ini sesuatu yang tidak bisa diprediksi. Hal ini dikarenakan kebijakan Kerajaan Arab Saudi yang mencegah masuknya virus corona atau Covid-19.

"Penangguhan untuk yang berangkat tentunya akan merugikan kita, apalagi posisi ini tidak bisa kita hindari. Selanjutnya menunggu reschedule," katanya.

Sementara itu, Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (HIMPUH) mengatakan belum ada pemberitahuan resmi dari Arab Saudi terhadap mereka. "Belum ada kejelasan apapun, sedang kami konfirmasi semua," ucap Wakil Ketua Umum Dalam Negeri HIMPUH, Budi Darmawan.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak