Larangan Umrah, Agen Perjalanan Umrah Bakal Rugi Ratusan Juta Rupiah

Kamis, 27 Februari 2020 - 11:47 WIB
Larangan Umrah, Agen Perjalanan Umrah Bakal Rugi Ratusan Juta Rupiah
Larangan Umrah, Agen Perjalanan Umrah Bakal Rugi Ratusan Juta Rupiah
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk sementara menangguhkan kunjungan umrah bagi jamaah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penangguhan ini dilakukan karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona.

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) mengatakan penangguhan ini akan menimbulkan kerugian besar terhadap agen perjalanan umrah.

Ketua Amphuri, Joko Asmoro, mengatakan kerugian yang bakal diterima agent perjalanan umrah mencapai ratusan juta rupiah. Selama ini, Indonesia menjadi negara yang banyak mengirimkan warganya melakukan ibadah umrah.

"Pasti ada kerugian (dari penangguhan), ya sekitar ratusan juta rupiah. Karena kita saja dalam sebulan, mengirimkan 1 juta jemaah untuk melaksanakan umrah. Apalagi dengan adanya (penangguhan) ini, pastinya akan ada pengembalian dana untuk para jemaah yang batal berangkat," ujarnya kepada SINDOnews, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dia menambahkan bahwa kerugian ini sesuatu yang tidak bisa diprediksi. Hal ini dikarenakan kebijakan Kerajaan Arab Saudi yang mencegah masuknya virus corona atau Covid-19.

"Penangguhan untuk yang berangkat tentunya akan merugikan kita, apalagi posisi ini tidak bisa kita hindari. Selanjutnya menunggu reschedule," katanya.

Sementara itu, Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (HIMPUH) mengatakan belum ada pemberitahuan resmi dari Arab Saudi terhadap mereka. "Belum ada kejelasan apapun, sedang kami konfirmasi semua," ucap Wakil Ketua Umum Dalam Negeri HIMPUH, Budi Darmawan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9280 seconds (0.1#10.140)