alexametrics

Ini Syarat dari Erick Agar BRI Menjadi Bank Luar Biasa

loading...
Ini Syarat dari Erick Agar BRI Menjadi Bank Luar Biasa
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berkeinginan perbankan BUMN naik kelas, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Untuk itu, Erick memberikan persyaratan khusus ke BRI dengan target hingga Juni mendatang.

Penugasan khusus itu adalah peningkatan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Untuk BRI yang bisnisnya besar, memiliki tugas berat untuk ritel. Tidak mungkin KUR ke Mandiri dan BNI, footprint-nya enggak kuat, tapi BRI jangkauannya luar biasa," ujar Erick di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dalam peningkatan KUR ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), BRI juga diberi penugasan untuk melakukan sinergi antar perusahaan BUMN. BRI harus melakukan sinergi dengan perusahaan BUMN lainnya, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).



"Dikasih target waktu Juni sudah harus jelas bentuknya. Apakah nanti penggunaan jaringan secara bersama, karena misal contoh agen punya Pegadaian, BRI punya BRILink," ujarnya.

Saat ini, Erick mencatat jumlah agen BRILink mencapai lebih dari 422.000. Agen-agen ini bisa digunakan untuk memasarkan dan menjadi display bagi produk UMKM.

"Kalau sinergi ini terjadi, BRI akan jadi bank luar biasa, (makanya) cepat-cepat beli sahamnya (BRI)," ajaknya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak