Erick Tegaskan 65 RS BUMN Siap Layani Pasien Corona

Kamis, 12 Maret 2020 - 06:12 WIB
Erick Tegaskan 65 RS BUMN Siap Layani Pasien Corona
Erick Tegaskan 65 RS BUMN Siap Layani Pasien Corona
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyatakan kesiapan Rumah Sakit BUMN untuk membantu pemerintah dalam menangani kasus corona (Covid-19) di Indonesia.

Erick menegaskan ada 65 RS BUMN yang siap melayani dan menangani pasien corona. Penanganan ini dilakukan melalui Rumah Sakit Pertamina yang merupakan grup Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

"Total ada 65 Rumah Sakit BUMN yang siap melayani pasien corona, dengan ruang perawatan khusus sebanyak 155 tempat tidur dan 66 ruang observasi atau safe house, jadi total 221 kapasitas yang dapat ditampung oleh Rumah Sakit BUMN," ujar Erick di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur SDM PT Pertamina (Persero), Koeshartanto, mengatakan pihaknya siap mendukung upaya pemerintah untuk penanganan kasus corona, baik secara internal maupun kepada eksternal melalui jaringan bisnis yang dimilikinya.

"Seperti melalui rumah sakit milik Pertamina yang dikelola oleh anak usaha kami, yaitu Pertamedika. Kami siap mengerahkan aset yang kami kelola untuk penanganan ini," ujarnya.

Direktur Utama Pertamedika IHC (Indonesia Healthcare Corporation), Fathema Djan Rachmat, mengatakan merebaknya kasus corona di Indonesia, IHC menyiapkan seluruh lini pelayanan RSPJ dan seluruh RS milik BUMN, baik infrastruktur dan sumber daya manusianya seperti dokter dan perawat terlatih.

"Itu untuk memberi pelayanan medis optimal kepada orang yang masih dalam tahap pemantauan maupun pasien dalam pengawasan yang memerlukan pelayanan khusus di ruang bertekanan negatif di rumah sakit-rumah sakit kami," katanya.

Selain itu, pihaknya secara konsisten mengedukasi masyarakat luas dengan berbagai informasi seputar virus corona dan upaya pencegahan penyebarannya. Bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tetap waspada dan berpikir rasional menghadapi corona.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5593 seconds (0.1#10.140)