Sri Mulyani Minta Jajarannya Gerak Cepat Antisipasi Penurunan Ekonomi

Jum'at, 13 Maret 2020 - 11:36 WIB
Sri Mulyani Minta Jajarannya Gerak Cepat Antisipasi Penurunan Ekonomi
Sri Mulyani Minta Jajarannya Gerak Cepat Antisipasi Penurunan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk berpikir keras menghadapi situasi ekonomi global saat ini. Tujuannya mengurangi dampak negatif dari kondisi global di tengah penyebaran virus korona (Covid-19).

Dengan melihat pengalaman masa lalu dan kondisi perekonomian negara lain, kata dia, bisa dijadikan pelajaran untuk mengantisipasi memburuknya ekonomi nasional dalam beberapa waktu ke depan.

"Dari sisi penerimaan negara, apa yang bisa dilakukan hari ini? instrumen tersebut bisa untuk menolong ekonomi dan masyarakat kita yang pasti terdampak dari penerimaan global," ujar Sri Mulyani saat pelantikan pejabat eselon II Kemenkeu di kantornya, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Dari sisi belanja, Sri Mulyani menyebut beberapa bagian seperti belanja Kementerian/Lembaga dan belanja Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) bisa dimaksimalkan untuk mengurangi dampak perekonomian yang menurun.

"Agar belanja benar-benar efektif dirasakan masyarakat, digunakan untuk paling prioritas apalagi tekanan negara sangat besar. Penting bagi kita belanja itu untuk yang prioritas dan belanja itu betul bermanfaat bagi masyarakat dan dalam dorong ekonomi," ucapnya.

Dari sisi pembiayaan, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta untuk diadakan beragam inovasi untuk melihat pasar secara cermat, baik di dalam maupun luar negeri.

"Dalam suasana market sangat bergejolak akhir-akhir ini kita dituntut untuk berikan guidance, kita dituntut berikan leadership, clarity, karena justru dalam situasi ini semua akan melihat kepada pemerintah dan dalam hal ini Kemenkeu menjadi salah satu institusi yang akan dilihat," kata dia.

Oleh karena itu, dia menyebut pentingnya untuk merapatkan barisan dengan meneliti instrumen policy regulasi meneliti kondisi saat ini uang berkembang cepat. Pasalnya, situasi saat ini tidak hanya bisa diatasi oleh satu unit Kementerian/Lembaga atau satu lokasi pemerintahan.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4371 seconds (0.1#10.140)