Aki Produksi Indonesia Ini Mampu Tembus 6 Besar Pasar Malaysia

Selasa, 17 Maret 2020 - 19:13 WIB
Aki Produksi Indonesia Ini Mampu Tembus 6 Besar Pasar Malaysia
Aki Produksi Indonesia Ini Mampu Tembus 6 Besar Pasar Malaysia
A A A
JAKARTA - Produsen aki asal Indonesia, PT Nipress Energi Otomotif (NEO), tak hanya mencatat sukses di pasar aki mobil dan motor nasional, namun juga mampu menembus pasar Negeri Jiran, Malaysia.

"Pasar kami di Malaysia cukup bagus, baik untuk jenis aki basah maupun aki kering. Sejak tahun 2015 kami telah rutin ekspor ke sana. Ini membuktikan bahwa produk-produk Indonesia juga bisa kompetitif di luar negeri dan disambut dengan baik oleh pasar," ujar Business Development Commercial Division NEO Bimo Prakoso Priatmadji melalui siaran pers, Selasa (17/3/2020).

Menurut Bimo, salah satu produsen kendaraan roda empat ternama di Malaysia bahkan menjadikan aki produksi PT Nipress Energi Otomotif sebagai salah satu aki resmi yang dipakai pada produknya.

Meskipun kecenderungan pasar Malaysia sudah mulai beralih ke teknologi aki kering, jelas dia, pasar di Negeri Jiran tersebut masih menyerap jenis aki basah dalam jumlah yang sama besar.

Bimo mengatakan, dua brand aki kering untuk kendaraan roda empat produksi NS Battery yang saat ini telah mendominasi pasar Indonesia, yakni NS Cheetah dan NS Jaguar, juga mencetak angka penjualan yang bagus di Malaysia.

"Untuk jenis aki kering, 70% pangsa pasar kami di Malaysia menyukai aki NS Jaguar, sedang sisanya memilih aki NS Cheetah," papar Bimo.

Keberhasilan menembus pasar aki Malaysia ini, lanjut dia, dibuktikan dengan peringkat brand yang didapat dari aki-aki produksi Indonesia di pasar Malaysia. Saat ini, aki-aki dengan brand NS produksi dari NS Battery masuk ke dalam 6 besar merek ternama di negara tersebut.

Capaian itu, kata dia, membuktikan penetrasi pasar aki NS di Malaysia tidak hanya berhasil dalam penjualan secara retail saja, tetapi juga telah mampu menciptakan kepuasan produk sekaligus layanannya, sehingga mampu menjadi brand komersial yang diingat dan disukai. "Kami sudah menembus hingga pengiriman 20 kontainer per bulan ke Malaysia," tambah Bimo.

Menurutnya, untuk semakin meningkatkan penjualan produknya di Malaysia, pihaknya akan terus memperbaiki kinerja pemasaran dengan meningkatkan pelayanan dan memperluas jaringan ritel.

PT Nipress Energi Otomotif yang berdiri pada 2015 adalah anak usaha PT Nipress Tbk (NIPS), salah satu perusahaan produsen aki terbesar di Indonesia yang telah memproduksi aki dan melayani pasar di Indonesia lebih dari 40 tahun lalu.

Di Indonesia, pangsa pasar produk NS Battery untuk produsen kendaraan roda empat, kendaraan penumpang maupun komersial, kurang lebih 33%. Sedangkan pangsa pasar untuk kendaraan roda dua mencapai 12%.

"Tiga produsen kendaraan roda dua teratas di Indonesia, Yamaha, Honda, dan Suzuki merekomendasikan aki NS untuk kendaraan produknya," imbuh dia.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3967 seconds (0.1#10.140)