Gandeng Swasta, Kementerian BUMN Siapkan Kebutuhan Alkes

Selasa, 24 Maret 2020 - 13:01 WIB
Gandeng Swasta, Kementerian BUMN Siapkan Kebutuhan Alkes
Gandeng Swasta, Kementerian BUMN Siapkan Kebutuhan Alkes
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan bahwa BUMN pada akhir Maret akan menyediakan sebanyak 4 juta masker. Dia mengakui bahwa jumlah ini belum tentu mencukupi kebutuhan publik.

"Belum tentu cukup, kenapa? Misalkan orang pakai masker 3 buah sehari, per 8 jam ganti, jadi bisa lebih dari itu," ujar Arya dalam konferensi pers online di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Ia mengatakan bahwa pihak Kementerian BUMN akan tetap memproduksi dan mencari tambahannya dari luar (impor), begitu pula dengan kebutuhan alat pelindung diri (APD). Untuk mencari bahan baku dari luar pun dinilai cukup sulit karena seluruh dunia mengejar bahan baku untuk penanganan Covid-19.

"Kebutuhan alat tes Covid-19 juga masih kurang, seperti PCR yang lengkap seperti di RSPI dan RS rujukan lainnya. Akan kami cari dari Swiss, tahap pertama, ada 10 alat lab yang akan disebarkan ke 10 provinsi," tambah Arya.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan (alkes), ia mengatakan bahwa pihaknya mulai merangkul swasta untuk bekerja sama. "Ada 10 perusahaan logistik swasta yang mau menyalurkan kebutuhan untuk perlengkapan logistik ke daerah dan swasta akan men-support," ungkap Arya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4751 seconds (0.1#10.140)