Menteri BUMN Pastikan 9 Alat Uji Massal Covid-19 Tiba Hari Ini

Selasa, 07 April 2020 - 15:49 WIB
Menteri BUMN Pastikan 9 Alat Uji Massal Covid-19 Tiba Hari Ini
Menteri BUMN Pastikan 9 Alat Uji Massal Covid-19 Tiba Hari Ini
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, sembilan alat uji tes massal virus corona (Covid-19) akan mendarat di Indonesia hari ini. Alat tes tersebut akan melengkapi satu alat tes massal yang sebelumnya sudah ditempatkan di Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ).

"Alhamdulillah saya dapat laporan Wamen (wakil menteri BUMN) hari ini sembilan unit mendarat, selain satu yang sudah ter-install itu (di RS Pertamina Jaya)," kata Erick dalam Video Conference di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Menurut dia, dengan adanya alat canggih tersebut maka pengujian virus corona bisa dilakukan lebih dari 1.000 per hari. Nantinya, alat ini tidak hanya dipasang di Jakarta, namun juga daerah lain yang membutuhkan seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kita sudah memastikan 10 lab, yang nantinya bisa tes di atas 1.000 orang per hari dengan alat ini. Kita akan install tidak hanya Jakarta tapi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, dan provinsi lain," paparnya.

Sementara itu, untuk melengkapi kebutuhan lainnya seperti alat pelindung diri (APD) Kementerian BUMN menyiagakan Garuda Indonesia. Sebab, beberapa negara menginginkan Indonesia menjemput sendiri bantuan.

"Saya rasa mengenai Garuda, mendukung logistik dari kementerian lain ataupun negara lain untuk membantu Indonesia. Beberapa kali sudah kita lakukan termasuk dengan Kemenko Maritim dan Investasi, Kementerian Pertahanan, kita naik Garuda dan kita sumbangkan. Garuda kita dukung dan kita sama-sama bekerja," tandasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7960 seconds (0.1#10.140)