Usai Ketemu Ahok, Erick Thohir: Persepsi BUMN Bobrok Itu Salah

Kamis, 17 September 2020 - 13:00 WIB
loading...
Usai Ketemu Ahok, Erick Thohir: Persepsi BUMN Bobrok Itu Salah
Menteri Erick Thohir menekankan, pentingnya transformasi bagi sejumlah BUMN. Hal itu dia sampaikan usai melakukan pertemuan dengan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan, pentingnya transformasi bagi sejumlah BUMN . Langkah itu untuk menjaga kinerja perseroan pelat merah yang efisien, kompetitif dan transparan.

(Baca Juga: Erick Thohir dan Ahok Gelar Pertemuan Khusus, Bahas Apa Ya? )

Hal itu dia sampaikan usai melakukan pertemuan dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Erick bilang, transformasi BUMN tidak bisa ditawar dan harus segera dilakukan dengan langkah terencana. Salah satunya dengan merapikan struktur sejumlah perusahaan negara. mulai dari jumlah pejabat yang bertugas hingga jumlah BUMN.

(Baca juga : 9.511 Pesantren Telah Terima Bantuan Operasional Tahap Pertama )

"Kita terpikir tidak mungkin kami mengawasi mengkoordinasi 142 BUMN. Jelas, suka tidak suka, BUMN yang tidak kompetitif akan dikecilkan," ujar Erick dalam dokumen video, Kamis (17/9/2020).

Erick mengibaratkan, pengawasan BUMN tidak berbeda dengan mengawasi anak sendiri. "Ibarat punya 3 anak, tidak mungkin dibeda-bedakan, anak nomor 1, 2, dan 3, semuanya sama, namanya juga anak. Tapi, kalo anaknya 142 juga kebanyakan, tidak cukup. Makanya ada kluster 1, kluster 2 dan danareksa PPA," kata Erick. (Baca juga : Legislator PKS Sentil Menkes Terawan )

Oleh karenanya, kerjasama antara Kementerian dengan direksi BUMN harus terjalin dengan baik. Kementerian dan direksi BUMN harus menjadi satu tim agar cita-cita bersama bisa tercapai.

Transformasi BUMN, kata dia, tidak hanya dilakukan oleh direksi saja, namun juga dukungan dari tim yang kompak. "Ketika saya ditanya success story rahasianya apa? Ya, karena tim saya, karena Wamen saya, Sesmen saya, Deputi saya, bukan saya sendiri dan kita taruh orang terbaik di negeri ini supaya bisa kasih lihat. Persepsi BUMN bobrok itu salah," ujarnya.

(Baca Juga: Temuan Erick Thohir, Ada BUMN Nakal Suka Beri Hadiah ke Pejabat Negara )

Dia menegaskan kalau bukan pihaknya yang melakukan mentransformasi, lantas siapa lagi yang diharapkan. Pada kesempatan yang sama, Erick juga menyampaikan kepada Ahok untuk menjaga solidaritas teamwork dan terus melakukan transformasi di BUMN.

"Saya juga menjaga pesan yang disampaikan oleh Pak Erick untuk menjaga solidaritas teamwork dan terus melakukan transformasi BUMN," ujar Ahok dalam unggahan Instagram-nya @basukibtp.

Dari pertemuan itu, Ahok juga mengaku, telah menyampaikan sejumlah masukan dan kritikan perihal kinerja direksi perusahaan plat merah. Bahkan, Erick Thohir pun menyambut baik apa yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. "Tadi, barusan ketemu dengan Menteri BUMN. Kritik dan saran saya sampaikan, diterima dengan baik oleh Pak Erick Thohir," kata Ahok.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3451 seconds (0.1#10.140)