Hore, Sekarang dari Bogor ke Bandung Bisa Naik KA tanpa Harus ke Jakarta

Senin, 21 September 2020 - 09:35 WIB
loading...
Hore, Sekarang dari Bogor ke Bandung Bisa Naik KA tanpa Harus ke Jakarta
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan meresmikan pengoperasian reaktivasi jalur kereta api (KA) Ciranjang-Cipatat senilai Rp118 miliar. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pengoperasian reaktivasi jalur ini akan menciptakan konektivitas baru di kawasan Cianjur Jawa Barat.

“Saya kira dengan adanya reaktivasi ini, konektivitas Kabupaten Cianjur akan bertambah. Tidak hanya dikenal lewat jalur darat saja (jalan konvensional),” ucap Menhub Budi saat memberikan sambutan peresmian di Cipeuyeum, Jawa Barat, Senin (21/9/2020). (Baca juga : Sampai Kapan Peredaran Narkoba Bisa Dihentikan? )

Menhub Budi Karya menjelaskan, reaktivasi jalur Ciranjang-Cipatat merupakan kelanjutan proyek reaktivasi jalur Cianjur-Ciranjang yang sudah beroperasi pada 2019. ( Baca Juga: Pertama Sejak 1998, Ekonomi Indonesia 2020 Diramal Minus 1,7%

“Untuk segmen ketiga, dengan melihat kondisi geografis yang sangat sulit, gradien yang sangat tinggi, maka saat ini masih dalam studi trasenya. Diharapkan tahun 2022 segmen ketiga akan dimulai pembangunannya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pengopersian jalur ini akan meningkatkan kapasitas lintas dari yang semula tiga perjalanan KA menjadi tujug perjalanan KA. Adapun waktu tempuh KA Cipatat-Sukabumi atau sebaliknya mencapai 2,5 jam atau sekitar 30 menit lebih cepat dari moda transportasi darat mobil atau bus. ( Baca juga:Tinggalkan Striker Rp1 Triliun di Bangku Cadangan, Ini Penjelasan Zidane )

“Selain hal tersebut ada manfaat yang tidak kalah penting, yaitu jalur ini nantinya akan menjadi jalur alterntif kereta api dari Bogor ke Bandung. Jadi, masyarakat Bogor tidak perlu ke Jakarta jika mau ke Bandung dengan moda kereta api, karena bisa melalui jalur ini,” pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)