Potensi Besar, Menkeu Minta Ekspor Produk Halal Terus Digenjot

Senin, 21 September 2020 - 13:33 WIB
loading...
Potensi Besar, Menkeu Minta Ekspor Produk Halal Terus Digenjot
Menkeu Sri Mulyani. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah meminta ekspor produk halal Indonesia ke negara-negara Islam dipertahankan di era pandemi virus corona atau Covid-19, khususnya ke negara-negara yang berada dalam Organisasi Kerja Sama Internasional (OKI).

Potensi ekspor produk halal ini besar mengingat pasarnya di dunia juga besar. Sebagai catatan, jumlah penduduk muslim dunia mencapai 1,8 miliar atau 24% dari total penduduk dunia, dengan total pengeluaran muslim dunia diestimasikan USS2,2 triliun.

"Ini masuk di seluruh bidang dari makanan, obat-obatan, lifestyle dan dipengaruhi oleh kebutuhan serta etika nilai dan ajaran Islam. Pengeluaran ini juga memiliki pertumbuhan yang cukup besar, 5,2%," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (21/9/2020). (Baca juga: Menkeu Berharap Label Halal Tidak Bebani Industri Syariah )

Dengan pertumbuhan yang pesat tersebut, lanjut Menkeu, ekonomi syariah sejatinya merupakan bagian penting di dalam ekonomi global. Dia mengungkapkan, beberapa negara telah menjadi pionir dalam pembentukan ekosistem syariah dan Indonesia juga terus meningkatkan dari keseluruhan elemen ekosistem syariah, dari peraturan perundang-undangan hingga institusional.

Saat ini, lanjut Menkeu, pemerintah bersama stakeholder juga membangun seluruh pegiat maupun pemikir dan pembuat kebijakan di bidang syariah.

"Maka, kita perlu untuk terus membangun ekosistem ini dengan mulai dari policy, regulasi, instrumen dan juga langkah-langkah yang sifatnya bisa menjawab kebutuhan umat secara inklusif. Karena Indonesia adalah negara yang memiliki kebhinekaan, namun mayoritas masyarakatnya adalah muslim," jelasnya. (Baca juga: Mau Naik Kelas? Bos OJK Bilang Bank Syariah BUMN Harus Diholding )

Dia menekankan Indonesia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk memberikan jawaban mengenai relevansi nilai Islam di dalam kehidupan dunia. Indonesia yang bhineka dan memiliki kemajuan dan Islam tetap bisa dilaksanakan secara baik. "Ini terus didukung dan didorong oleh peningkatan kesejahteraan di negara-negara yang memiliki penududuk muslim," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)