Ditunggu Ya! Bakal Ada BLT Rp26,5 Miliar Nih Buat Seniman Daerah

Selasa, 29 September 2020 - 08:40 WIB
loading...
Ditunggu Ya! Bakal Ada BLT Rp26,5 Miliar Nih Buat Seniman Daerah
Pelaku seni di daerah bakal memperoleh bantuan dari pemerintah. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para pelaku seni dan industri kreatif dipastikan akan memperoleh Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah. Bantuan tersebut diberikan dengan alasan banyak seninam khususnya di daerah yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19 .

Menteri Keuangan Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan telah mengalokasikan Rp26,5 miliar untuk pekerja seni. Adapun sebanyak 26.500 pelaku seniman mendapatkan bansos .

"Anggaran sebesar Rp26,5 M dialokasikan untuk melindungi 26.500 pelaku budaya yang mata pencahariannya terdampak Covid-19. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pemerintah berikan pembinaan agar pelaku budaya mampu mempublikasikan karya budayanya secara virtual," kata Sri Mulyani dalam akun media sosial, Selasa (29/9/2020).



Dia pun pernah terpesona dengan pertunjukan budaya Reog Ponorogo. Namun, disaat pandemi banyak sekali kegiatan festival budaya dan pertunjukkan mingguan terpaksa batal. "Bahkan sanggar kebudayaan pun terpaksa menunda kegiatannya. Untuk itu, kita lakukan baik di Kementerian Sosial baik kita bekerjasama dengan pemerintah daerah," jelasnya.



Dia menambahkan pemerintah akan membantu setiap golongan masyarakat yang terdampak secara langsung dari krisis kesehatan dan ekonomi. Pemerintah, kata dia, memiliki Instrumen yang bisa digunakan untuk membantu pelaku industri kreatif.

"Jadi instrumen itu bisa dalam bentuk bansos, atau misalnya kita bisa buat dalam bentuk kampanye untuk mengedukasikan secara besar-besaran kepada masyarakat. Makanya, kita minta mereka buat produk kreatif untuk bisa kita pakai entah itu melalui BNPB atau tempatnya Pak Erick atau bahkan K/L yang lain," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)