Masa Pandemi Saat yang Tepat untuk Ciptakan Ide Startup Baru

loading...
Masa Pandemi Saat yang Tepat untuk Ciptakan Ide Startup Baru
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Masa pandemi Covid-19menekan seluruh sektor perekonomian. Namun bagi startupdigital kondisi ini justru menjadi momen akselerasi untuk menjawab berbagai kebutuhan pasar di Indonesia.

Salah satu program adalah Menjadi Nyata yang menyasar startup inkubator online dari Erendi Digital Labs, perusahaan yang bergerak di bidang riset dan pengembangan teknologi. Program inkubasi dari tahap ideation atau menjaring ide inovatif tersebut memfasilitasi startup digital untuk melahirkan idenya. (Baca juga:Kemenperin Genjot Industri Rock Wool dengan Insentif dan SNI (Lagi))

Dari 48 peserta startup dipilih lima startup yang berhak mengikuti inkubasi. Para peserta yang lolos diberi dana hibah dengan total Rp100 juta. Sehingga di akhir program harapannya mereka dapat meluncurkan sebuah startup yang menjawab tantangan zaman.

CEO ModalSaham Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan, pihaknya turut mendukung program inkubator via online untuk startup tersebut. Harapan dia nantinya dapat mendukung salah satu untuk sumber pendanaan para startup yang mendaftar apabila ada startup yang menarik minatnya.



"Syarat penting untuk startup yang ModalSaham akan danai adalah startup yang sudah berjalan 2 tahun dan sudah memiliki cashflow positif," ujar Reza di Jakarta, Rabu (30/9/2020). (Baca juga:RUU Kejaksaan Dinilai Ingin Jadikan Jaksa Superbody)

Lima ide yang terpilih adalah Cariguru bergerak di bidang Edutech berlokasi di Tangerang. Kedua adalah Gudings di bidang Logitics dan berlokasi di Bogor. Ketiga adalah Loak.co di bidang Waste Management dan berlokasi di Bandung. Keempat ada Sisdes yang merupakan Software as a Service di Purwokerto. Terakhir adalah Scrapiro yang ingin menjadi startup Artificial Intelligence di Jakarta.

Lima startup tadi berhak mengikuti program inkubator online Menjadi Nyata dalam 2 bulan hingga akhir Oktober 2020 untuk mematangkan konsep hingga menjadikannya sebuah produk atau MVP. Pendampingan dilakukan dengan mentor yang berkualitas dan materi yang sesuai dengan kebutuhan para founder.
(uka)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top