OJK Tekankan Pentingnya Keamanan Digital dalam Inovasi Fintech

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 11:45 WIB
loading...
OJK Tekankan Pentingnya Keamanan Digital dalam Inovasi Fintech
Ilustrasi fintech/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuanga (OJK) mengatakan inovasi-inovasi di bidang keamanan digital sangat perlu untuk terus digulirkan. Inovasi di bidang teknologi finansial (fintech ) yang tidak dibarengi dengan keamanan digital akan menjadi kontraproduktif.

Direktur Grup Inovasi Keuangan Digital OJK, Dino Milano Siregar menyampaikan, platform yang aman akan membuat masyarakat semakin nyaman memanfaatkanya. "Kami di OJK selalu mendorong para pemain teknologi finansial untuk terus berinvestasi dan berinovasi di bidang ini," katanya di Jakarta, Jumat (9/10/2020). ( Baca juga:OJK Godok Aturan Urun Dana di Pasar Modal untuk UMKM )

Selain menjadi kunci penting bagi inklusi keuangan , keamanan digital harus selaras dengan peningkatan literasi keamanan bagi masyarakat luas.

Menurut Peneliti Senior Center for Digital Society Universitas Gadjah Mada (CfDS UGM), Tony Seno Hartono, inovasi layanan tentu sangat penting dalam memastikan pengalaman terbaik bagi pengguna saat bertransaksi online. Namun, cukup banyaknya modus yang kemudian memunculkan kejahatan melalui teknik rekayasa sosial atau manipulasi psikologis (Magis) juga cukup mengkhawatirkan.

"Maka dari itu, diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk mengedukasi masyarakat secara menyeluruh dalam upaya meningkatkan kompetensi keamanan digital masyarakat (pengguna) agar mereka semakin aman dan nyaman dalam beraktivitas digital," ungkap dia. ( Baca juga:Prabowo Minta Kader Gerindra Doakan Almarhum Soepriyatno )

Inovasi dan edukasi terkait keamanan digital terutama untuk sektor teknologi finansial penting untuk terus dilakukan. Hal tersebut bisa menjadi "kunci" mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia. Platform teknologi finansial yang aman dan nyaman digunakan oleh konsumen bisa membuat konsumen semakin sering menggunakannya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)