Belajar Cara Mengelola Keuangan Ala Orang Kaya

Minggu, 11 Oktober 2020 - 05:11 WIB
loading...
Belajar Cara Mengelola Keuangan Ala Orang Kaya
Mengelola keuangan memang susah-susah gampang, salah satu permasalahannya mungkin karena pengelolaan kurang tepat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Mengelola keuangan memang susah-susah gampang, salah satu permasalahannya mungkin karena pengelolaan kurang tepat. Ada berbagai pos pengeluaran yang belum terdata, atau alokasi dananya terlalu minim di pos tertentu dan terlalu berlebihan di pos yang lain.

(Baca Juga: Bentar Lagi Terima BLT, Karyawan Swasta Nih Tips Bijak Memanfaatkannya )

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, untuk mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros serta apa kuncinya. Kita bisa mempelajari cara orang kaya yang sukses mengatur keuangannya.

"Perjalanan hidup orang-orang terkaya di dunia itu punya strategi dan cara mengelola harta yang mereka miliki, jadi bisa dicoba kebiasaan mereka untuk mengelola keuangan," kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta.

Lebih lanjut terang dia, salah satunya adalah selalu punya rencana keuangan. Ini adalah sebuah kebiasaan yang harus dikembangkan dari waktu ke waktu. "Memiliki target bisa membantumu dalam menyusun rencana keuangan," katanya.

Lalu sambung dia yakni bijak dalam menggunakan kartu kredit. Adapun penggunaan kartu kredit untuk mencicil kebutuhan yang benar-benar esensial. "Sebaiknya tidak menggunakan dana darurat untuk membayar tagihan kartu kredit," bebernya.

(Baca Juga: Jangan Taruh Aset di Satu Keranjang, Menabung Valas Jadi Opsi Menarik )

Dia menambahkan agar mencari pola investasi yang menguntungkan. Hal ini bisa menjamin keuangan di masa depan, bukan hanya masa sekarang.

"Berinvestasi bisa sekaligus buat kamu mendapatkan penghasilan pasif. Salah satu investasi sederhana yang nilainya terus bertambah adalah reksa dana," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)