Jaga Ketahanan Pangan dengan Tingkatkan Potensi Peternak Sapi Perah

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 01:01 WIB
loading...
Jaga Ketahanan Pangan dengan Tingkatkan Potensi Peternak Sapi Perah
Kesadaran masyarakat untuk minum susu setiap hari menunjukkan tren positif dan kini menjadi bagian dari komitmen masyarakat menjalankan gaya hidup sehat. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap 16 Oktober, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menggelar webinar bersama Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) dan para pakar peternakan. Kegiatan webinar ini ditujukan untuk meningkatkan pemberdayaan peternak sapi perah Indonesia dalam mencapai tujuan bersama yaitu menjaga ketahanan dan keamanan pangan terutama di masa pandemi.

(Baca juga: Tambahkan Sedikit Bumbu, Oseng Kikil Rawit Terasa Makin Nikmat )

Selaras dengan tema Food Safety, Everyone's Business yang diusung Organisasi Pangan dan Pertanian dunia (FAO) pada peringatan Hari Pangan Sedunia 2020, FFI dan GKSI mengangkat peran peternak sapi perah dalam memastikan keamanan pangan untuk Indonesia.

Webinar Peranan Peternak Sapi Perah Indonesia dalam Menjaga Ketahanan dan Keamanan Pangan, Terutama di Masa Pandemi yang berlangsung Kamis (15/10), menghadirkan pembicara para pakar peternakan dari Kementerian Pertanian, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Gadjah Mada.

"Kesadaran masyarakat untuk minum susu setiap hari menunjukkan tren positif dan kini menjadi bagian dari komitmen masyarakat menjalankan gaya hidup sehat terutama untuk mendukung sistem imunitas keluarga. Kebutuhan akan pasokan protein hewani atau susu sapi segar terus meningkat dan ini menjadi peluang kita bersama untuk memajukan potensi peternak sapi perah Indonesia," ujar Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro saat membuka webinar.

"Sejak 1996, melalui program Dairy Development Program (DDP), kami telah berbagi pengalaman tentang peternakan berkelanjutan yang mengutamakan keamanan dan kesehatan pangan, yang dapat kita gunakan untuk memastikan ketahanan dan keamanan pangan khususnya susu segar terutama di masa pandemi seperti saat ini," katanya lagi.

Pada acara yang sama, Ketua GKSI, Dedi Setiadi menyampaikan harapannya terhadap kerjasama peternak dengan swasta. "Kerja sama antara berbagai koperasi susu dan PT Frisian Flag Indonesia telah banyak membantu kami mendukung pemenuhan kebutuhan konsumsi susu segar di Indonesia," ucapnya.

"Pemberdayaan peternak sapi perah lokal yang disampaikan FFI telah meningkatkan kualitas peternakan dan berdampak positif terhadap produktivitas dan pengembangan usaha. Kami dapat berbagi tentang tantangan mengelola ternak sapi perah dan mendapat banyak pembelajaran untuk mengatasinya," tambahnya.

Sementara itu, Kementerian Pertanian mendukung dan menilai bahwa kerja sama yang baik antara perusahaan dan peternak merupakan salah satu kunci keberhasilan pengembangan industri susu segar di Tanah Air. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc., mengungkapkan pentingnya kerja sama untuk menjaga ketahanan dan keamanan pangan di Indonesia, khususnya di tengah pandemi.

(Baca juga: Pentingnya Mengedukasi Anak Cuci Tangan Sejak Dini )

"Kemampuan kita untuk memenuhi kebutuhan susu segar secara mandiri akan sangat dibutuhkan terutama di masa pandemi. Hal penting yang harus kita lakukan di saat pandemi adalah menjaga ketersediaan secara mandiri sumber protein -terbanyak berasal dari hewan, seperti telur, daging dan susu- yang dibutuhkan masyarakat sebagai salah satu asupan bergizi untuk meningkatkan dan menjaga imunitas diri," paparnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)